Mohon tunggu...
Fauji Yamin
Fauji Yamin Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Tak Hobi Nulis Berat-Berat

Institut Tinta Manuru (faujiyamin16@gmail.com)

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Menakar Perkembangan Ekonomi Pasca Sail Tidore

29 November 2022   14:35 Diperbarui: 29 November 2022   14:48 234
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Rangkaian acara puncak Sail Tidore 2022 (sumber : Fuad At)

"Wisata bisa berdampak pada pertumbuhan ekonomi suatu daerah. Namun, jika hanya sekedar event, apakah pertumbuhan dapat terjadi?"

Beberapa hari ini, di Maluku Utara, khususnya di Kota Ternate dan Tidore, selain euforia sepakbola yang menggila juga turut hadir pelaksanaan Sail Tidore yang menyita perhatian warga.

Berbondong-bondong warga datang ke acara Puncak yang diselenggarakan di Pantai Tugulufa, Tidore Kepulauan pada tanggal 26 November kemarin. Sail Tidore sendiri berlangsung dari tanggal 24-29 November 2022.

Pergelaran acara puncak sangat meriah. Berbagai pertunjukan seni, budaya dan atraksi menjadi menjadi tontonan warga yang hadir. Berjejer kapal-kapal perang melewati lokasi acara bersama perahu kora-kora; perahu kesultanan. penerjun-penerjun payung, tarian adat dan kebudayaan.

Para Menteri yang hadir (Kemendag.com)
Para Menteri yang hadir (Kemendag.com)

Momen acara puncak ini juga dihadiri beberapa menteri yakni Menteri Parawista dan Ekonomi Kretaif, Menteri Perdagangan, Menteri Dalam Negeri dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Berbagai macam kegiatan terlaksana selama perhelatan Sail Tidore 2022 yakni kompetisi Foto, Festival Bahari, Festival Moluku Kieraha, pameran lokal dan nasional hingga pentas seni dll.

Selama pergelaran banyak juga aktivitas dan kemegahan yang dinikmati masyarakat. Semisal melihat kapal-kapal perang yang canggih, menginap gratis di kapal sebagai penginapan terapung, menikmati kuliner dan berbagai lomba hingga aksi sosial dari berbagai elemen seperti pengobatan gratis dan pemberian bantuan ke sekolah maupun masyarakat.

Dokpri
Dokpri

Selama tahap persiapan banyak perubahan di lakukan, seperti infrasturtur, pemberdayaan masyarakat, penyuluhan dan bantuan, promosi produk dll (1)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun