Mohon tunggu...
Fauji Yamin
Fauji Yamin Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Tak Hobi Nulis Berat-Berat

Institut Tinta Manuru (faujiyamin16@gmail.com)

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Menceritakan Momen

30 September 2022   20:27 Diperbarui: 30 September 2022   20:31 141 15 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Buatlah cerita yang dapat membawa pembava dapat merasakan momen tersebut,"

Tertampar diri atas pesan yang ia sampaikan. Dulu, saya mengingatkannya begitu waktu memotivasi ia menulis. Dan, sekarang ia balik mengingatkan.  

Percakapan berawal dari unggahan tulisan story di WhatsApp. Sebuah tulisan AU yang menurutku patut dibaca di komentarinya, " seandainya abang pakai bahasa daerah, mungkin lebih bagus" 

"Sungguh benar masukanmu," jawabku.

"Bukankah dulu abang berkata begitu. Tulislah seakan-akan aku, kamu dan mereka berada pada posisi itu," sahut anak muda bernama Fikram ini.

Aku menyimak kata-kata itu secara dalam. Benar saja, saya merasa anggitan-anggitan artikel yang saya hasilkan sekarang jauh dari "rumus sederhana" itu. Tak terpakai sama sekali. Hilang dalam kolaborasi kata.

Menangkap moment lalu menuliskan kembali memang sedikit menjadi konsen dalam artikel yang saya hasilkan. Proses ini membutuhkan waktu dan observasi mendalam. 

Sepotong kalimat yang terucap dari sosok-sosok narasumber belum bisa dijadikan pembenaran menyeluruh. Penggalian lebih dalam adalah cara saya mendapatkan informasi.

Dua tiga jam kadang dihabiskan untuk mendapat cerita lengkap. Jika belum, tidak akan saya anggit menjadi artikel.  Ditampung untuk kemudian hari.

Satu-satunya pekerjaan yang saya sukai. Jalan, bertemu orang dan mengbrol sepuasanya. Saya suka menangkap momen-momen dalam lakon kehidupan yang tersembunyi dibalik wajah. Dalam praktek kehidupan yang serba kompleks. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan