Mohon tunggu...
Priandona Ogansyah
Priandona Ogansyah Mohon Tunggu... Konsultan - Melampaui setengah abad usia

Berbagi BAHAGIA..

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Silang Sengketa Manusia

29 Oktober 2019   10:40 Diperbarui: 29 Oktober 2019   10:57 25
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Suatu masa ketika saya berada di suatu kumpulan orang yang tengah sibuk membicarakan tentang kekinian dunia. Saya bertegur sapa dengan seorang yang ditilik dari fisik, lebih tua dari saya. Dari tutur bahasa dan isi kata-kata nya membuat saya mengambil kesimpulan bahwa beliau adalah orang yang Bijaksana.

Beliau hanya diam seribu bahasa seraya menggeleng-gelengkan kepala saat kubu-kubu mulai terbelah menjadi dua bahkan beberapa, semua saling berkutat dengan kebenaran menurut Persepsi nya masing-masing. Saat suara-suara mulai meninggi hingga menonjol urat-urat dileher mereka. Sumpah serapah mulai terujar kepada orang yang sebelumnya dianggap saudara.

Beliau yang saya asumsikan sudah lebih banyak melihat beraneka peristiwa di dunia ini dibanding saya, lalu menatap saya dalam-dalam seraya berkata :

"Lihat anak-cucu Adam yang selalu senang membuat silang sengketa antar sesama. Mereka lupa bahwa salah satu tujuan manusia diturunkan dimuka Bumi adalah menjadi Rahmat bagi sekalian alam. Manusia sering lalai dengan membiarkan iblis meraja di hati nya, hingga kata AKU lebih keras suaranya dari pada KITA. Seruan PERANG lebih merdu daripada ajakan DAMAI. Senang bahkan bangga saat melihat kata-katanya berhasil melukai hati lawan bicaranya.

Padahal semua hanya permainan dunia belaka. Kita kerap lupa soal DARI, SEDANG dan AKAN kemana ujung-semua kehidupan. Tidak satu keping pun harta yang akan dibawa, tidak pula banyaknya bilangan istri, anak, keluarga dan sahabat yang menyerta, juga tak akan ditimbang tinggi dan banyaknya pangkat serta jabatan yang siang- malam di perjuangkan oleh manusia hingga kelak AJALnya tiba. Bukan pula tentang kalah dan menang dalam debat yang tak ada faedah didalamnya yang akan di tera di alam pasca kehidupan".

Seraya perlahan beringsut meninggalkan ruangan kumpulan tersebut, beliau pamit sambil tak henti mengumandangkan Istighfar di bibir tua nya.

Saya hanya masygul terdiam sambil mencoba menerka bahwa beliau sengaja dikirim oleh Tuhan untuk menasehati saya agar senantiasa ingat tentang keberadaan sang penggoda.

Saya juga sedang Belajar..

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun