Mohon tunggu...
Oci Setyali Purnama
Oci Setyali Purnama Mohon Tunggu... Mahasiswa - just love to share.

Just want to share anything that i think it's informative for everyone !

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN BTV 3 UNEJ 2021: Pendampingan Digital Marketing dan Inovasi Produk Jamu Jawa Tradisional

19 September 2021   13:53 Diperbarui: 19 September 2021   13:58 294
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Selama kegiatan KKN atas nama mahasiswa Oci Setyali Purnama yang diharapkan dapat memberikan manfaat serta solusi yang terbaik kepada Bu Suhartini selaku penjual jamu tradisional untuk menghadapi permasalahan terkait packaging produk yang masih sangat sederhana, pemasaran produk yang belum merata serta modal usaha yang terkadang kurang karena di uang tersebut digunakan untuk belanja kebutuhan rumah tangga sehari-hari. S

etelah dilakukannya observasi terhadap permasalahn yang dihadapi oleh bu Suhartini maka, dapat diberikannya solusi yang telah didiskusikan dan telah disetujui oleh bu Suhartini selaku mitra sasaran. Solusi atau program kerja yang ditawarkan oleh mahasiswa KKN tersebut adalah sebagai berikut:

  • Pengenalan serta pelatihan tentang  Digital Marketing dan pentingnya Branding.

Pengenalan  dan pelatihan Digital Marketing adalah suatu keharusan di era yang modern seperti saat ini, karena jika tidak maka produk yang dijual akan mengalami kesulitan untuk memperluas pangsa pasar serta memiliki konsumen ataupun peminat yang relatif minim. Digital marketing  merupakan cara pemasaran yang berbasis digital. Pemasaran sendiri memilik peran yang sangat penting di era sekarang, karena pemasaran merupakan salah satu senjata yang paling berpengaruh dalam dunia bisnis.

 Branding adalah sebuah proses yang dilakukan untuk menciptakan sebuah brand. Hal ini tidak kalah pentingnya dengan pemasaran, karena tanpa adanya brand produk tersebut akan mengalami kesulitan untuk dipasarkan. Selain itu, konsumen akan merasa kurang yakin dengan adanya produk tanpa brand yang di edarkan. Branding adalah hal yang penting karena jika produk tersebut memiliki kualitas yang baik maka, konsumen akan loyal terhadap produk kita.

  • Pembuatan Logo dan Brand produk "Jamu Jawa Tradisional Bu Suhartini".

Merek/brand adalah nama, istilah, desain, simbol, atau karakteristik lainnya dari sebuah produk atau jasa yang membedakannya dari yang lain. Brand yang unik dan kuat akan dapat diingat dengan mudahnya oleh masyarakat umumyang dapat menjadi target pemasaran.

Brand yang dibuat untuk bu Suhartini tersebut adalah "Jamu Jawa Tradisional Bu Suhartini". Ini dikarenakan konsumen lebih mudah mengingat nama suatu produk ataupun brand jika terdapat nama di dalamnya. Hal ini dikarenakan nama tersebut merupakan nama dari pemilik asli dari Bu Suhartini sendiri. Logo yang dibuat oleh mahasiswa KKN tersebut memiliki juga memiliki filosofi sendiri yaitu, mangkuk tumbukan yang khas dikenal untuk menghaluskan jamu ini menandakan bahwa produk tersebut merupakan produk jamu olahan sendiri. Sedangkan untuk dedaunan di atas mangkuk tumbukan tersebut mengartikan bahwa jamu tersebut berawal dari bahan-bahan yang alami. Dibawah mangkuk tumbukan terdapat tangan yang mengangkat mangkuk tumbukan serta dedaunan memiliki arti bahwa keihklasan hati dari bu Suhartini mengobati pasiennya hanya dengan obat tradisional namun mampu untuk menyembuhkannya. Dan yang terakhir yaitu daun di bawah tangan mengartikan, bahwa jamu tersebut memang benar-benar terjamin herbal tanpa bahan kimia dan berkhasiat.

  • Meningkatkan daya tarik produk dengan memperbaiki packaging agar lebih menarik dan diminati konsumen.

Packaging produk atau kemasan produk ini sangat memiliki pengaruh yang besar terhadap sebuah pemasaran produk. Kemasan produk yang menarik serta unik dapat memberi kesan yang positif pada penilaian konsumen, karna konsumen sudah cukup cerdas untuk menilai kemasan dari sebuah produk pada saat ini. Maka dari itu program kerja yang diadakan ini bertujuan untuk menperbaiki kemasan produk bu Suhartini dengan yang baru dan menarik.

Sebelum dilakukannya perbaikan packaging, produk bu suhartini ini hanya menggunakan plastic klik dan kertas yang di print hitam putih sebagai brandingnya. Namun packaging yang seperti ini sudah pasti terlihat sangat kurang menarik dan kurang higienis. Lalu dengan adanya program kerja dari mahasiswa KKN ini, kemasan yang awalnya hanya plastic klip dan kertas print bergambar hitam putih diganti dengan botol kapsul kemasan yang ditempeli  label produk dengan brand serta logo dari Jamu Jawa Tradisional Bu Suhartini  dan standing pouch yang ditempeli label produk untuk jamu yang berbentuk bubuk. Setelah diamati produk tersebut terlihat lebih menarik.

dokpri
dokpri
  • Penerapan Digital Marketing dengan Sosial media dan E-commerce.

Digital marketing atau pemasaran digital merupakan suatu bentuk usaha mempromosikan dan memasarkan sebuah merek. Dengan menggunakan media internet WhatsApp, Instagram bahkan e-commerce seperti shopee pun dapat di manfaatkan sebagai lapak dagangan. Digital marketing yang akan digunakan oleh produk Jamu Jawa Tradisional Bu Suhartini ini adalah Shopee. 

Hal ini dikarenakan shopee dianggap lebih berkompeten dalam memasuki sebuah pasar, karena pada jaman sekarang hampir seluruh masyarakat berbelanja online menggunakan Shopee yang memiliki banyak promo. Namun tidak dilupa juga bahwa produk knowledge merupakan hal yang penting. Product knowledge adalah suatu usaha yang dilakukan untuk mengenalkan produk dari segi manfaat, kegunaan  serta fungsi produk terhadap konsumen maupun calon konsumen.

  • Pelatihan dan penerapan pengambilan foto produk.

Pengambilan foto produk juga dianggap penting karena jika salah dalam pengambilan foto produk maka produk tidak akan terlihat menarik dan dapat mengurangi rasa minat dari konsumen.

Hal yang terpenting dalam pengambilan foto profuk adalah pengaturan cahaya yang harus stabil dan angle yang benar-benar sesua dengan bentuk produk tersebut.

  • Penerapan pembukuan keuangan

Penerapan keungan adalah salah satu cara agar modal dan profit dapat berjalan dengan imbang. Yang mana modal dapat terus diputar sedangkan profit dapat digunakan untuk kebutuhan segari-hari serta menambah omset. Modal yang terus berputar atau bahkan bertambah merupakan tanda dari suatu bisnis yang sukses untuk dikembangkan. Maka dari itu setiap jenis pengeluaran atau pembelian hendaknya dimasukkan kedalam pembukuan agar dapat terlihat kearah manakah uang telah di akomodasikan.

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun