Mohon tunggu...
Yoshe Desfitrianie
Yoshe Desfitrianie Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa universitas Sriwijaya

Mahasiswa universitas sriwijaya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Opini- Fenomena Lansia di Sekitar Tempat Tinggal

6 Oktober 2022   11:13 Diperbarui: 6 Oktober 2022   11:18 47 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Membahas mengenai lansia ditempah tinggal saya yang berada di suatu komplek yang berlokasi di perumahan gria cipta bahagia di jalan guru-guru Indralaya kabupaten organ ilir ternyata masih banyak sekali lansia yang masih produktif, contohnya setiap hari libur beberapa lansia pria dan wanita yang masih ada melakukan kegiatan lari pagi di sekitaran komplek ditemani dengan lansia lainnya atau ada juga ditemani dengan anak mereka. 

Masih ada juga lansia yang bekerja untuk mencari pundi-pundi rupiah untuk menjalankan hidup mereka atau melakukan kegiatan lainnya yang hanya sekedar hobi, di tempat tinggal saya sendiri masih ada lansia yang berprofesi menjadi tukang pijat, tukang rumput, guru ngaji, dan lain sebagainya. Tetapi tidak kurang juga masih ada lansia yang tidak produktif yang tidak bisa membuat mereka beraktivitas seperti dahulu.

Melihat fenomena yang ada ditempah tinggal saya sendiri tenyata lansia sendiri tidak liput dari yang namanya sebuah penyakit tua seperti darah tinggi, jantung, kolesterol, asam urat dan lainnya. Kondisi ini merupakan suatu permasalahan yang ada di kalangan lansia itu sendiri, apalagi pada saat terjadinya wada covid-19 yang membuat banyak dari lansia ditempat tinggal saya kesehatan mereka menurun pasca adanya corona tersebut yang terjadi di komplek tempat tinggal saya.

Permasalahan yang dialami oleh lansia ditemapt tinggal saya pun tidak hanya itu permasalahan lainnya juga ikut seperti permasalahan ekonomi yang membuat salah satu lansia ditempat tinggal saya yang seharusnya pensiun dari profesi nya sebagai tukang rumput rapi dengan umur beliau yang sekarang sudah menginjak 74tahun beliau masih semangat untuk bekerja karena tuntutan kehidupan.

nama: Husniati hidayah 

Nim: 06151281924035

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan