Mohon tunggu...
Yoshe Desfitrianie
Yoshe Desfitrianie Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa universitas Sriwijaya

Mahasiswa universitas sriwijaya

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Opini: Pola Hidup Sehat Lansia (Lanjut Usia)

5 Oktober 2022   08:45 Diperbarui: 5 Oktober 2022   09:04 178
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Lansia adalah tahap akhir perkembangan pada daur kehidupan manusia dan ditandai oleh gagalnya seorang untuk mempertahankan keseimbangan kesehatan dan kondisi stress fisiologisnya. Lansia juga berkaitan dengan penurunan daya kemampuan untuk hidup dan kepekaan secara indivual.

Batasan usia lanjut di Indonesia yaitu 60 tahun ke atas, Dimana ini sesuai dengan undang-undang nomor 13 tahun 1998 tentang kesejahteraan lanjut usia pada bab 1 pasal 1 ayat 2 menurut undang-undang tersebut diatas lanjut usia adalah seseorang yang mencapai usia 60 ke atas baik pria maupun wanita.

Menurut saya Lansia itu sendiri harus diperhatikan lebih dalam menjaga pola hidup sehat dikarenakan seiring pertambahan usia akan mengalami perubahan baik secara fisik maupun mental. Maka itu, para lansia harus melakukan penyesuaian gaya hidup agar kesehatan mereka tetap terjaga dan terjamin. Berikut ini merupakan cara agar bisa melakukan pola hidup sehat terhadap lansia:

1. Lansia harus tetap aktif

Aktif bergerak dan rutin olahraga tidak hanya menjaga kesehatan pada lansia, tapi juga menambah usia harapan hidup seorang lansia. Karena walaupun sudah memasuki masa lansia, bukan berarti tidak boleh berhenti aktif bergerak. 

2. Lansia harus menjaga berat badan ideal

Menjaga berat badan ideal pada lansia itu bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan lansia. Karena lansia terhindar dari penyakit yang memiliki risiko lebih tinggi, seperti diabetes, darah tinggi, jantung, stroke, dan lain-lainnya. 

3. Lansia harus mengomsumsi makanan sehat 

Memiliki pola makan yang sehat dan seimbang juga baik untuk menjaga kesehatan lansia, meningkatkan energi pada lansia, hingga mencegah penyakit pada lansia. Untuk menjaga kesehatan pada lansia, lansia harus banyak dalam minum air putih, mengomsumsi sayuran, gandum, dan susu rendah lemak. Lansia sebaiknya mengurangi mengomsumsi makanan dan minuman manis yang berlebihan.

4. Lansia harus istirahat yang cukup

Lansia banyak yang mengalami gangguan tidur, seperti insomnia, oleh karena itu lansia harus mencoba melakukan kebiasaan tidur yang sehat untuk memastikan bahwa lansia memiliki tidur yang cukup dan berkualitas. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan lansia tetap terjaga. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun