Mohon tunggu...
Obed Antok
Obed Antok Mohon Tunggu... Tukang tulis

Berminat Dalam Bidang Sosial, Politik, Iptek, Pendidikan, dan Pastoral Konseling.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Membangun Persahabatan di Tempat Kerja

25 Februari 2025   06:04 Diperbarui: 25 Februari 2025   06:04 73
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: pegawai perempuan (PIXABAY.COM/RibhavAgrawal)

Persahabatan di tempat kerja adalah elemen penting yang dapat meningkatkan produktivitas, kenyamanan, dan kepuasan dalam bekerja. 

Hubungan yang baik antar rekan kerja menciptakan lingkungan yang positif dan mendukung. Membangun persahabatan di tempat kerja bukan hanya tentang memiliki teman, tetapi juga tentang menciptakan suasana yang saling mendukung dan menghargai. 

Berikut adalah delapan tips membangun persahabatan di tempat kerja yang dapat membantu menciptakan lingkungan kerja yang lebih harmonis.

1. Bersikap Ramah dan Terbuka

Menyapa rekan kerja dengan senyuman dan sikap terbuka merupakan langkah awal dalam membangun hubungan yang lebih akrab. Sikap ramah menciptakan suasana kerja yang lebih nyaman dan menyenangkan. 

Jangan ragu untuk memulai percakapan ringan, seperti menanyakan kabar atau membahas hal-hal umum yang dapat menjadi topik bersama. Misalnya, "Pagi! Bagaimana akhir pekanmu?" atau "Wah, kopimu harum sekali, beli di mana?" dapat menjadi pembuka yang baik.

2. Komunikasi yang Baik

Mendengarkan dengan penuh perhatian dan merespons dengan baik dalam percakapan akan membantu membangun kepercayaan dan kedekatan dengan rekan kerja. Komunikasi yang efektif juga mencakup kemampuan untuk memberikan umpan balik dengan cara yang positif serta memahami sudut pandang orang lain.

Jangan hanya berbicara tentang pekerjaan, tetapi juga sesekali bahas minat atau hobi di luar pekerjaan. Contohnya, "Saya dengar kamu suka bersepeda. Biasanya gowes ke mana?" atau "Bagaimana progress novel yang sedang kamu baca?"

3. Tunjukkan Kepedulian

Menghargai dan peduli terhadap rekan kerja, baik dalam urusan pekerjaan maupun pribadi, dapat mempererat hubungan dan menciptakan ikatan yang lebih kuat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun