Mohon tunggu...
alexa
alexa Mohon Tunggu... Seorang penulis yang mencintai obat obatan alami
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Hidup sehat dengan herbal. Terapkan pola hidup yang sehat dan pola makan yang sehat.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Daun Sirsak sebagai Obat Herbal Kanker

9 Juli 2019   16:50 Diperbarui: 10 Juli 2019   09:23 155 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Daun Sirsak sebagai Obat Herbal Kanker
wolipop.detik.com

Apakah Anda pernah mendengar daun sirsak yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit kanker? Pasti hal tersebut tidak asing lagi ditelinga Anda. Mengkonsumsi daun sirsak dipercaya dapat menyebabkan kematian sel kanker pada kanker. Jadi jangan heran apabila daun sirsak dapat digunakan untuk pengobatan penyakit kanker.

Senyawa Alami Daun Sirsak

Beberapa penelitian menunjukan bahwa di dalam daun sirsak mengandung senyawa ACETOGENINS. Dimana senyawa ini memiliki peran penting dalam mencegah penyebaran sel kanker (metastase), membasmi sel kanker hingga tuntas dan mengambat pertumbuhan sel kanker. Terdapat hasil penelitan yang juga menunjukan bahwa senyawa acetogenins ini memiliki kemampuan 10.000 kali lebih kuat dari pada obat kemoterapi. Hal ini yang dapat menjadikan daun sirsak sebagai obat alami kanker. Berikut beberapa hasil penelitian terhadap daun sirsak :

- Study menunjukan daun sirsak menunjukan kemampuannya dalam mengobati penyakit kanker melalui senyawa acetogenin yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor. Study ini dituangkan dalam sebuah tulisan yang diterbitkan pada Journal of Medicinal Chemistry by Cancer Centre of America pada tahun 1997.

- Senyawa acetogenins yang hanya dapat dijumpai dalam keluarga tanaman Annonaceae dapat membasmi sel kanker sampai ke akar akarnya baik sel kanker ganas yang berbeda beda seperti kanker serviks, usus besar, prostat, paru paru, pankreas, otak, limfoma. Penelitian ini dilakukan terhadap garis sel kanker, MCF-7 dan didapat hasil terjadinya penghambatan aktivitas pada sel kanker MCF-7 sebesar 98%. Penelitian ini dilakukan oleh Department of Plant Biotechnology, Centre for Plant Molecular Biology and Biotechnology, Tamil Nadu Agricultural University, Coimbaore, India.

- Penelitian berikutnya dilakukan oleh Dr. Jerry McLaughlin dari Universitas Purdue Amerika Serikat bersama rekannya Prof Dr. Soelaksono Sastrodihardjo dari Departmen Biologi Institut Teknologi Bandung. Didapat hasil bahwa daun sirsak mengandung annomuricin E, kelompok senyawa acetogenins yang dapat menghambat multi-drug resistance (MDR) terhadap sel kanker dan tumor dengan cara menghambat terbentuknya ATP (Adenosin Trifosfat) oleh mitokondria pada sel kanker.

Memang masih menjadi perdebatan hingga saat ini apakah daun sirsak ini dapat benar benar mengobati penyakit kanker. Namun penelitian penelitian di atas menunjukan bahwa daun sirsak dapat membasmi sel kanker hingga ke akar akarnya. Inilah informasi singkat yang dapat kami bagikan mengenai Daun Sirsak Sebagai Obat Herbal Kanker. Semoga bermanfaat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x