Mohon tunggu...
Oase Kirana Bintang
Oase Kirana Bintang Mohon Tunggu... Pewarta Budaya Nusantara

https://linktr.ee/oakirbin

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Sound of Borobudur, Bunyikan Kembali Mahakarya Musik Masa Lampau

16 Mei 2021   02:12 Diperbarui: 16 Mei 2021   04:46 185 13 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sound of Borobudur, Bunyikan Kembali Mahakarya Musik Masa Lampau
Relief Alat Musik di Candi Borobudur (Sumber: kebudayaan.kemdikbud.go.id/)

Pesona Bhumi Sambhara Budhara yang memukau tak pernah habis untuk diperbincangkan. Begitu banyak hal menarik yang tersimpan di Candi Borobudur. Bahkan Borobudur bukan sekadar candi, terdapat pula kawasan Borobudur yang memiliki banyak potensi dengan segala ceritanya. Bangunannya yang kompleks merupakan sebuah perpustakaan yang sangat indah, segala ilmu pengetahuan tersimpan di sini sehingga layak dijadikan pusat studi untuk siapapun.

Belakangan ini, narasi terkait Borobudur sedang hangat berseliweran di mana-mana. Ikon Wonderful Indonesia ini semakin populer. Pembicaraan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengenai Borobudur yang menjadi salah satu Destinasi Super Prioritas terus digaungkan pada masyarakat. Ramai pula opini lain tentang Borobudur sebagai rumah ibadah umat Buddha dunia.

Stupa Candi Borobudur (Sumber: kebudayaan.kemdikbud.go.id/)
Stupa Candi Borobudur (Sumber: kebudayaan.kemdikbud.go.id/)

Borobudur sangat berperan penting dalam segala hal. Pun sebagai inspirasi untuk berkarya. Upaya yang dilakukan Sound of Borobudur adalah satu hal yang sangat menarik. Sebuah gerakan yang wajib dikenal masyarakat luas khususnya para generasi muda. Sound of Borobudur Movement adalah upaya anak bangsa untuk mengenali lebih dalam kebesaran peradaban masa lampau, dengan menggunakan budaya dan ilmu pengetahuan, yang diinterpretasikan melalui seni.

Penyanyi senior Trie Utami, gitaris Dewa Budjana dan komposer Purwatjaraka bersama musisi lainnya telah melakukan hal mulia yang patut diapresiasi. Bukan sekadar riset pada relief Candi Borobudur, tapi banyak hal yang ingin mereka sampaikan lewat musik. Dewa Budjana mengungkapkan, ada ratusan alat musik yang tergambar pada relief Candi Borobudur. Instrumen tersebut ada yang bukan dari Jawa Tengah, ada pula dari Kalimantan, Thailand bahkan hingga India.

Sound of Borobudur (Sumber: japungnusantara.org/)
Sound of Borobudur (Sumber: japungnusantara.org/)

Sound of Borobudur menduga, Borobudur merupakan pusat seni dunia atau pusat berkumpulnya seniman-seniman dari seluruh dunia. Dengan terdapatnya alat-alat musik yang berbeda, mungkin zaman dulu di Borobudur pernah ada konser besar seluruh dunia. Dengan temuan itu, perlu adanya pengembangan kawasan Borobudur yang tidak hanya fokus pada pembangunan fisik saja. Pembangunan harus diikuti dengan menggali nilai-nilai historis yang ada di candi.

Relief Karmawibhangga berkisah tentang hukum karma. Jika kita perhatikan tiap panilnya, akan terlihat ada alat musik di dalamnya. Panil relief nomor 101 dan 102 menampilkan pertunjukan musik. Ada instrumen dawai di panil nomor 125. Lalu di panil nomor 151, tergambarkan dua perempuan memainkan alat musik.

Sound of Borobudur (Sumber: https://japungnusantara.org/)
Sound of Borobudur (Sumber: https://japungnusantara.org/)

Tak banyak yang tahu tentang relief musik di Candi Borobudur. Apalagi terkait Borobudur adalah pusat musik dunia. Kehadiran Sound of Borobudur sungguh sangat perlu dikembangkan lagi secara masif. Sebuah urgensi untuk menghidupkan kembali musik yang telah punah pada pahatan relief Borobudur. Borobudur sang candi megah Buddha peninggalan Wangsa Syailendra. Seluruh reliefnya adalah komik raksasa, tak bisa asal dibaca, harus dihayati untuk memahaminya. 2.672 panel reliefnya memuat cerita kebajikan luhur, sarat dengan nilai-nilai moral, seni, budaya, kemanusiaan dan spiritual.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN