Mohon tunggu...
Nyi Ai Tita
Nyi Ai Tita Mohon Tunggu... Guru suasta

Berakit rakit ke hulu berenang renang ke tepian bersakit sakit dahulu bersenang senang kemudian

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Menyambut Ramadan

13 April 2021   07:19 Diperbarui: 13 April 2021   07:21 392 5 0 Mohon Tunggu...

Menyambut Ramadan

Menjelang Ramadhan tiba yang insya Allah menurut perkiraan pada hari Selasa, 13 April 2021 bertepatan dengan tahun 1442 Hijriyah. Alhamdulillah hati ini merasa gembira. Begitu juga seluruh orang Islam di dunia akan merasa bahagia.

Teringatkan petuah ustadz dan orangtua bahwa, dengan hati gembira menyambut datangnya bulan Ramadhan saja sudah mendapat pahala. Apalagi menjalankan amalan ibadah di bulan tersebut, pasti pahalanya berlimpah dan dilipat gandakan.

Selain amalan pahala yang dilipat gandakan, bahkan Allah akan mengampuni segala dosa makhluknya yang telah dilakukannya di masa lalu.

Man shoma Ramadhona imanan wahtisaban ghufiralahu ma taqaddama min dzambih

Artinya : "Barang siapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah RA).

Apa yang harus dipersiapkan oleh seorang muslim untuk menyambut datangnya bulan mulia ini? Kenapa mesti atau harus disiapkan?

Teringat sebuah hadis yang menjelaskan, "Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada mukmin yang lemah. Dan pada keduanya ada kebaikan." (HR Muslim).

Yang harus disiapkan oleh seorang mukmin menjelang ramadhan tiba yaitu :
1. siapkan mental yang kuat bahwa Ramadhan itu ada kewajiban yang harus dilaksanakan yaitu menjalankan ibadah syaum selama satu bulan lamanya.

Kita harus paham bahwa dalam menjalankan syaum tersebut tidak mudah dan butuh perjuangan yang sungguh luar biasa.

Dalam menjalankan ibadah syaum pasti banyak rintangan dan godaan. Tapi bagi yang bisa menjalankankan dengan sungguh-sungguh karena mencari rida Allah akan berbuah pahala yang berlimpah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN