Mohon tunggu...
Nus Feka
Nus Feka Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

Suka membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Jalan Tanpa Alas Kaki, Bisa Sehat

15 Oktober 2022   09:48 Diperbarui: 15 Oktober 2022   09:51 91
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Orang Indonesia pada zaman dahulu lebih banyak menghabiskan waktu dengan berjalan kaki, karena pada waktu itu memang tidak ada transportasi umum seperti masa sekarang.

Dengan melakukan aktivitas berjalan kaki, orang dahulu lebih kelihatan sehat dan bugar dibanding kita sekarang, sering banyak penyakit yang muncul karena jarang berolahraga. Tak hanya itu, dengan berjalan kaki, usia merekapun bisa mencapai 100 tahun. Berbeda dengan jaman sekarang, usia seperti itu jarang kita temukan, dan kalaupun ada mungkin hanya beberapa saja di dunia.

Orang dahulu lebih banyak memanfaatkan waktu mereka seefisien mungkin walaupun cuma berjalan kaki, namun mereka cenderung tepat waktu. Berbeda dengan sekarang. Banyak sarana transportasi yang muncul, namun kita cendrung lebih tidak tertib dengan waktu.

Nah, apa saja rahasia mereka bisa sehat dan bugar dan memiliki waktu yang cukup. Menurut penuturan orang-orang tua dahulu, bahwa mereka sering berjalan tanpa menggunakan alas kaki, hal ini menyebabkan peredaran darah mereka menjadi lancar, sistem pencernaan mereka, dan penapasan merekapun juga ikut lancar.

Metode ini perlu kita terapkan agar kita bisa mencegah berbagai masalah kesehatan yang sering muncul akibat kita jarang melakukan aktivitas berjalan kaki atau berolahraga.

Menurut penelitian bahwa, orang akan lebih sehat kalau melakukan aktivitas berjalan tanpa menggunakan alas kaki. Namun pada awalnya akan terasa perih karena tidak terbiasa, tapi hal itu adalah normal. Sebab banyak penyakit yang bisa disembuhkan dengan berjalan tanpa alas kaki, antara lain; stroke dan penyakit jantung.

Berjalan tanpa menggunakan alas kaki akan membuat kita merasakan sensasi yang berbeda ketika menggunakan alas kaki, sebab ketika kaki kita bersentuhan langsung dengan tanah atau bebatuan maka akan muncul reaksi dari tubuh kita yang mana apabila ada penyakit, makan akan terasa perih di telapak kaki. Hal ini kalau kita teruskan, akan berdampak baik untuk kesehatan kita.

Yulianus feka

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun