Mohon tunggu...
Nusantara Mulkan
Nusantara Mulkan Mohon Tunggu... Swasta -

Sebagian tulisan saya yang ada di sini pernah dimuat di sejumlah media. Walaupun sedikit saya modifikasi kembali.

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

Metamorfosis Musik Rock (Bagian 2-Habis)

17 Januari 2014   22:27 Diperbarui: 30 November 2016   11:50 224 0 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Metamorfosis Musik Rock (Bagian 2-Habis)
Band rock era 80-an dan 90-an(api.ning.com)

Dalam perkembangannya, musik rock beranak pinak ke banyak genre. Dari musik yang dibawakan musisi kulit hitam hingga akhirnya identik dengan musik kulit putih. Walaupun dalam perjalanannya, rock kembali mengawini black music.

[caption id="" align="aligncenter" width="403" caption="Band rock era 80-an dan 90-an(api.ning.com)"][/caption]

ERA 1960 dan 1970-an ditandai metamorfosis musik rock menjadi hard rock dan heavy metal. Hingga di era  1980-an, hard rock dan heavy metal juga menurunkan sejumlah anak. Di antaranya, glam metal, street metal, speed metal, thrash metal, hingga death metal. Secara umum, semua genre itu punya satu panggilan khas walaupun dua nama yang disebut terakhir menolak, yakni hair metal. Di era inilah musik rock mengalami masa keemasannya. Karena di berbagai tangga lagu dunia, seperti Billboard, berbagai band metal mulai mewarnai di urutan Top 10.

Kembali ke soal sebutan hair metal tadi. Nama ini sebenarnya bukan diberikan karena melihat jenis musik pengusungnya, melainkan lantaran penampilan personelnya yang seolah terlalu 'fashionista', terutama kepada rambut gondrongnya.

[caption id="" align="alignright" width="280" caption="Rocker pesolek (playitloudforever.files.wordpress.com)"]

[/caption]

Lihat saja di awal kemunculan Motley Crue, Poison, Stryper, dan Bon Jovi. Mereka seolah berlomba tampil layaknya gadis remaja yang ingin terlihat sensual di zaman itu. Rambut disasak mekar dengan semprotan AquaNet, bibir dengan pulasan gincu, cat kuku, pakaian kulit ketat, sepatu hak tinggi, bahkan stoking!

Penampilan itu perlahan berubah seiring munculnya cemoohan bahwa mereka tak ubahnya sekumpulan banci kaleng dengan gaya bermusik sok sangar. Diakui atau tidak, hal itu dipelopori oleh munculnya band asal Los Angeles bernama Guns N' Roses (GN'R) dengan albumnya Appetite for Destruction pada 1987. GN'R meramu metal secara unik dan brutal serta berpenampilan terbalik dengan umumnya band-band glam metal yang ada saat itu.

Mereka tampil tanpa polesan make up dan terlihat lebih 'jantan' sehingga sebagian menyebut musik grup ini sebagai street metal.Tapi, secara umum, GN'R tetaplah band yang berciri sama dengan band hair metal lainnya. Lirik lagu yang mendewakan hedonisme, pesta sepanjang hari dengan ratusan gadis seksi, alkohol, narkoba, dan menolak menjadi dewasa.

Di bagian lain, musik metal dengan aliran lebih keras juga terus mengembangkan sayapnya, yakni dari kubu thrash metal yang dipelopori Motörhead dan Metallica dengan ciri speed gitar yang cepat dan lirik yang terkesan seram dan berbau kematian. Pada jenis inilah nuansa blues telah hilang total.

[caption id="" align="aligncenter" width="360" caption="Metallica saat basis Cliff Burton masih ada. (tanakamusic.com)"]

[/caption]

Jenis musik ini ternyata masih dianggap kurang keras. Maka, beranak pinaklah menjadi hate metal, death metal, hingga grindcore. Di antaranya, diwakili Sepultura, Kreator, Testament, Overkill, Megadeth, Napalm Death, Obituary, dan Morbid Angel. Sebagian pengusung jenis musik ini seolah telah mengacuhkan harmonisasi musik dengan suara vokal serak, bahkan bak orang tercekik. Mereka seolah menjadi perwakilan iblis di muka bumi dengan menyuarakan lirik berisi kematian, pembunuhan, meski sesekali meneriakkan kecaman terhadap situasi sosial politik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hiburan Selengkapnya
Lihat Hiburan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan