Mohon tunggu...
Pst. Nus Nd
Pst. Nus Nd Mohon Tunggu... Dosen - Sahabat Sejati

Bukan Ahli, hanya ingin berbagi kebaikan

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Menyampaikan Gagasan melalui Presentasi yang Menarik

31 Juli 2021   05:04 Diperbarui: 31 Juli 2021   05:31 155 12 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menyampaikan Gagasan melalui Presentasi yang Menarik
Life hack. Sumber ilustrasi: PEXELS/SeaReeds

Menyampaikan gagasan melalui Presentasi yang Menarik

Sebagai seorang Pendidik di lembaga pendidikan tentu menyampaikan presentasi adalah aktivitas yang sering saya lakukan. Aktivitas yang satu bukan hal antik apalagi asing untuk saya.  Bayangkan saja jika saya mengampu dua mata kuliah dalam satu semester untuk tiga kelas paralel maka dalam dalam seminggu minimal enam kali saya berdiri depan ruang kuliah untuk menyampaikan presentasi.  Sebulan 24 kali. Dengan demikian dalam satu semester saya melakukan aktivitas presentasi sebanyak 144 kali. Lumayan banyak kan?

 Dalam ulasan ini fokus saya bukan mempromosikan kepada sobat kompasiana tentang jam terbang, apalagi tentang kehebatan. Karena saya orangnya biasa-biasa saja. Karena biasa-biasa saja inilah maka saya berusaha untuk terus belajar, membenahi kepribadian, mengisi ruang budi dengan pengetahuan, ketrampilan dan pengalaman yang saya timba dari sesama. Termasuk terus belajar meningkatkan kemampuan dalam menyampaikan presentasi.

Topik ini sudah banyak yang mengulasnya. Sebelum menulis artikel ini saya menyempatkan diri untuk menimba inspirasi dari beberapa artikel yang mengulas tentang ini. Tentu saya tidak bermaksud memindahkan tulisan mereka ke dalam ulasan saya ini. Selain karena melanggar etika jurnalisme juga karena saya tidak tega mengelabui pembaca yang menghabiskan waktu untuk membaca hal yang sama. Tidak ada hal baru.

Yang saya bagikan ini murni tentang pemahaman dan praktek menyampaikan presentasi yang saya lakukan dalam konteks memberikan perkuliahan bagi mahasiswa. Juga upaya yang saya lakukan agar presentasi saya berhasil. Minimal mencapai tujuan versi saya. Agar terstruktur dan sistimatis saya membaginya dalam tiga bagian, yakni Pra presentasi, saat presentasi dan Pasca presentasi.

1. Persiapan/Pra-Presentasi

Persiapan adalah hal penting dalam melakukan aktivitas apapun. Ibarat hendak berperang, tentu sebelumnya harus sudah mengkalkulasi kekuatan lawan, merancang strategi, menyiapakn senjata, dan tentunya mental. Begitu juga ketika hendak melakukan presentasi. Adapun di tahap pertama yang saya siapkan adalah:

a. Mempersiapan materi

Dalam menyiapkan materi saya dituntun oleh beberapa pertanyaan: apa judul materi, apa tujuan yang hendak dicapai, siapa audience, berapa lama alokasi waktu. Hal-hal ini penting menurut saya agar saya bisa menyampaikan materi tepat sasar dengan alokasi waktu yang tepat. Jangan sampai waktu masih panjang sementara materi sudah habis. Kayak mobil, perjalanan masih panjang tetapi udah kehabisan bahan bakar. Atau juga sebaliknya, materi masih banyak sementara waktu udah habis. Ngerem mendadak juga namanya.

b. Mempersiapan sarana/media yang akan dipakai

Saya ibaratkan ini dengan petani yang hendak ke ladang. Tentu ia sudah tahu duluan apa aktivitasnya ketika di ladang, supaya bisa menyediakan alat yang sesuai. Jangan sampai hendak mencangkul tetapi tidak membawa cangkul, yang dibawa justu parang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN