Mohon tunggu...
Nurwendo Haricahyadi
Nurwendo Haricahyadi Mohon Tunggu... Dosen - Anak Kolong Yang Gemar Menulis

1. Ketua DPP KNPI 1996-1999 2. Ketua PP Generasi Muda FKPPI 1998-2001 3. Wakil Sekretaris Dewan Pertimbangan Generasi Muda FKPPI 2008-2018 4. Anggota DPR/MPR RI 1997-2002 5. Dosen 1984-Sekarang 6. Penulis Buku 2020-Sekarang 7. Penulis Di UC We Media 2017-2020

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Bahagia Seorang Penulis Jika Bukunya Dijadikan Rujukan

30 November 2022   19:21 Diperbarui: 30 November 2022   19:26 180
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Selamat malam sobat,

Ketika saya tengah membuat sebuah artikel untuk dipublikasikan di rubrik ini pada hari Senin (28/11/2022), saya membutuhkan beberapa referensi atau rujukan untuk melengkapi artikel yang saya buat. Artikel yang berjudul "Dirgahayu Persija Jakarta" mengulas tentang perjalanan klub asal ibu kota Persija Jakarta sejak didirikan pada tanggal 28 November 1928 sampai sekarang ini.

Sebenarnya saya sudah memiliki rujukan yang cukup lengkap dari website persija.id tentang Persija Jakarta. Namun saya melihat masih ada yang harus dilengkapi dan belum diulas yakni saat Persija Jakarta menorehkan prestasi sebagai Runner-Up di turnamen Suharto Cup di tahun 1972, 1974 dan 1976. Untuk memastikan ingatan saya itu maka saya perlu rujukan yang berkaitan dengan event Suharto Cup tersebut.

Oleh karena itu, saya mencari di mbah Google dengan kata kunci, Suharto Cup. Begitu saya klik tombol Search atau Cari maka muncul cukup banyak news yang mengulas tentang turnamen Suharto Cup.

Salah satu news yang saya klik berjudul "Turnamen Sepakbola Piala Presiden Suharto Pernah Digelar 4 November 1974". Artikel tersebut dipublikasi di situs voi.id tertanggal 4 November 2022 jam 12:15. Artinya artikel ini belum lama dipublikasikan.

Kemudian saya lanjut untuk membaca artikel tersebut. Alangkah terkejutnya saya ketika penulis artikel tersebut mengambil rujukan dengan mencuplik satu paragraf dari artikel di buku saya yang berjudul "Masih Anak Kolong Yang Gemar Menulis".

Lebih jelasnya cuplikan yang diambil dari buku saya adalah sebagai berikut :

***

"Di tahun 1974, keempat tim tersebut kembali memperebutkan Soeharto Cup. Keempat tim ini memang menguasai kompetisi perserikatan pada saat itu. Rivalitas keempat tim ini juga sangat tinggi. Selain memiliki pendukung yang fanatik, keempat tim ini juga banyak diperkuat oleh pemain pemain nasional Indonesia saat itu," ungkap Nurwendo dalam buku Masih Anak Kolong Yang Gemar Menulis (2020).

***

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun