Mohon tunggu...
Nurwendo Haricahyadi
Nurwendo Haricahyadi Mohon Tunggu... Dosen - Anak Kolong Yang Gemar Menulis

1. Ketua DPP KNPI 1996-1999 2. Ketua PP Generasi Muda FKPPI 1998-2001 3. Wakil Sekretaris Dewan Pertimbangan Generasi Muda FKPPI 2008-2018 4. Anggota DPR/MPR RI 1997-2002 5. Dosen 1984-Sekarang 6. Penulis Buku 2020-Sekarang 7. Penulis Di UC We Media 2017-2020

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Batu Red Marjan

6 Desember 2021   21:13 Diperbarui: 6 Desember 2021   21:25 69 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sumber gambar : Dokumen pribadi 

Saya membeli bongkahan batu Red Marjan di lapak online langganan saya pada hari Sabtu, 2 Februari 2019. Batu berwarna merah seperti sirup ini memang belum saya miliki dan batu ini sering saya liat di lapak lapak online atau pemberitaan tentang batu akik di media online. 

Hanya berselang seminggu setelah bongkahan batu Red Marjan sampai di rumah kemudian saya membawa bongkahan batu Red Marjan tersebut ke pembuatan batu cincin di Pasar Segar Depok.

Dedi, sang pengrajin pembuatan batu akik sudah siap melaksanakan tugas GOSPOL untuk bongkahan batu Red Marjan menjadi sebuah batu cincin yang indah.

Sekitar satu jam lebih, Dedi sudah menyelesaikan GOSPOLnya dan sebuah batu Red Marjan sudah terpasang di ring alpaka berdimensi 25 mm x 18 mm.

Saya sempat mengamati batu cincin Red Marjan dengan lampu senter HP saya dan batu Red Marjan tersebut sudah tembus cahaya senter dari HP saya.

Yang saya baca dari media online bahwa batu Marjan adalah sebuah batu yang memiliki nama ilmiah Corralium Rubrum dan merupakan salah satu batu karang lautan. 

Batu karang yang sering digunakan sebagai perhiasan adalah yang memiliki warna pink sampai merah. Batu Marjan merupakan salah satu batu karang yang sudah dipergunakan sejak dahulu kala.

Batu Red Marjan juga dikenal dengan sebutan batu Red Coral. Batu Red Marjan atau Karang Merah ini adalah spesis kehidupan yang dilindungi karena merupakan kumpulan terumbu karang. Sebab kepunahan terumbu karang akan mengganggu ekosistem hidupan laut.

Batu Red Marjan atau Karang Merah ini dalam habitat aslinya mempunyai bentuk seperi semak tanpa dedaunan dan dapat tumbuh sampai satu meter lebih. Karang ini tersusun dari senyawa kalsium karbonat, warna merahnya dikarenakan adanya pigmen carotenoid. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan