Mohon tunggu...
Nurwendo Haricahyadi
Nurwendo Haricahyadi Mohon Tunggu... Dosen - Anak Kolong Yang Gemar Menulis

1. Ketua DPP KNPI 1996-1999 2. Ketua PP Generasi Muda FKPPI 1998-2001 3. Wakil Sekretaris Dewan Pertimbangan Generasi Muda FKPPI 2008-2018 4. Anggota DPR/MPR RI 1997-2002 5. Dosen 1984-Sekarang 6. Penulis Buku 2020-Sekarang 7. Penulis Di UC We Media 2017-2020

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Batu Badar Emas Timika Papua

13 November 2021   06:47 Diperbarui: 13 November 2021   07:18 370 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sumber gambar: Dokumen pribadi 

Saya pernah melihat di sebuah lapak online yang menjual bongkahan batu Badar Emas asal Timika Papua. Harganya lumayan mahal. Yang menarik, batu Badar Emas ini memancarkan kemilau keemasan. Nampaknya ada kandungan emas di bongkahan batu Badar Emas tersebut meski kadarnya sangat kecil.

Di masa pandemi COVID-19 di Indonesia termasuk daerah saya di kota Depok maka saya sangat membatasi diri untuk tidak keluar rumah. Saya masih ingat terakhir saya ke pembuatan batu cincin di Pasar Segar kota Depok pada tanggal 18 Maret 2020 sepulang memberi kuliah terakhir kali karena perkuliahan harus ditiadakan akibat pandemi COVID-19 yang mulai meningkat secara masif di kota Depok. Saat itu saya hanya mengganti cincin dari batu Getah Katilayu saya.


Oleh karena itu, saya harus berpuasa dulu untuk memburu bongkahan batu akik, entah sampai kapan karena si kopid tak kunjung pergi. Kemudian pada tanggal 9 Juni 2020, saya melihat lapak online langganan saya menjual batu Badar Emas asal Timika yang sudah berbentuk batu cincin.

Sayangnya yang dijual semuanya ukuran kantoran, istilah para penjual batu akik. Badar Emas yang dijual di lapak online tersebut sudah berbentuk batu cincin dan terlihat full berwarna emas dan mengkilap mirip perhiasan emas saja. Tak pelak lagi saya tertarik untuk membelinya apalagi harganya masih terjangkau kantong saya.


Dua hari berselang, batu Badar Emas pesanan saya sudah mendarat di rumah. Batu Badar Emas tersebut sudah terbalut cincin alpaka super putih terlihat begitu elegan dengan warna batu bak perhiasan emas.


Konon dari berita yang saya baca, batu Badar Emas ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :


a. Ciri yang paling dasar adalah warnanya yang seperti emas muda. Meski warna dasar  batu ini adalah hitam, tapi ada campuran warna kuning seperti emas yang melapisi di  semua permukaannya.


b. Bahan pembentuk dari batu Badar Emas ini adalah logam dan emas. Kandungan tersebut membuatnya mempunyai nilai jual yang tinggi. Hal lain yang  enyebabkan nilai jual batu Badar Emas ini tinggi adalah kelangkaannya. Tidak mudah untuk menemukannya, sehingga kita tidak dapat membelinya di sembarang tempat. 

c. Pada batu Badar Emas tersebut, kita dapat menemukan warna hitam pekat, putih,  dan kuning. Meski memiliki warna yang bermacam macam, kandungan emas dan  logam pada batu ini sangat tinggi. Emas dan logam yang merupakan unsur pembentuk terbesarnya telah menjadikan batu ini berkilauan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan