Mohon tunggu...
KKN Desa Tlasih
KKN Desa Tlasih Mohon Tunggu... Penulis - MEDIA EKSPRESI

menulis banyak hal

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

KKN UM Melakukan Kegiatan Budidaya Tanaman Keluarga untuk Mewujudkan Kemandirian Pengobatan di Desa Tlasih

20 Juli 2021   20:48 Diperbarui: 20 Juli 2021   21:02 74 1 0 Mohon Tunggu...

Senin, 05 Juli 2021, Mahasiswa KKN Pulang Kampung Sidoarjo Universitas Negeri Malang melakukan salah satu kegiatan program kerja yaitu "budidaya tanaman keluarga (TOGA)" dalam hal membantu kelompok ASMAN (Aswan Mandiri) untuk menanam dan merapikan tanaman yang ada di taman TOGA. 

Hal tersebut merupakan upaya mahasiswa KKN Pulang Kampung Sidoarjo Universitas Negeri Malang untuk mewujudkan lingkungan sehat serta membudidayakan tanaman TOGA yang ada di Desa Tlasih. Di masa pandemi COVID-19 budidaya ini sangat membantu  melatih kemandirian dalam menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh/ imunitas warga serta upaya menjaga kesehatan.

Kegiatan budidaya penanaman TOGA dilakukan dengan semangat oleh mahasiswa KKN, yang meliputi pengolahan tanah, merapikan taman, menyiapkan bibit kencur, temulawak hitam, porang dan lain-lain. 

Ibu Kurnia selaku pengurus dari kelompok ASMAN (aswan mandiri) juga turut serta membantu dalam proses penanaman TOGA, khususnya membimbing mahasiswa KKN dalam pengolahan tanah yang baik dan benar agar tanaman dapat tumbuh dengan maksimal.

dokpri
dokpri

"Walaupun kegiatan ini membuat tangan kotor, tapi kita melakukannya dengan seru dan kompak", Ujar Riki salah satu mahasiswa KKN Desa Tlasih. Penanaman TOGA ini akan terus dipantau dan berlanjut dengan beberapa rangkaian kegiatan lain yang berkaitan dengan penanaman TOGA di Desa Tlasih.

Diharapkan dengan adanya program kerja ini warga dapat lebih peduli dengan lingkungan serta menumbuhkan jiwa masyarakat hidup sehat dengan memanfaatkan tanaman TOGA sebagai obat herbal alternatif. Karena sebenarnya banyak sekali manfaat dari tanaman TOGA. Apabila warga dapat mengolahnya, maka budidaya tanaman TOGA ini akan dapat membantu untuk menaikkan perekonomian dan akan terwujud prinsip kemandirian dalam pengobatan. kegiatan ini berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x