Mohon tunggu...
KKN Desa Tlasih
KKN Desa Tlasih Mohon Tunggu... Penulis - MEDIA EKSPRESI

menulis banyak hal

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Di Rumah Tetap Produktif dengan Pelatihan Online Pembuatan Taplak Meja Metode Ikat Celup

20 Juli 2021   00:42 Diperbarui: 20 Juli 2021   15:50 43 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Di Rumah Tetap Produktif dengan Pelatihan Online Pembuatan Taplak Meja Metode Ikat Celup
dokumentasi-taplak-meja1-60f68dc4b13fde4b3866d6c2.jpg

Desa Tlasih terkenal dengan industri krupuk. Tlasih merupakan desa yang memiliki tingkat kemandirian ekonomi yang tinggi. banyak dari warganya yang mempunyai home industry dibidang kerupuk. Berbagai macam jenis kerupuk sebagian besar bisa ditemukan di desa Tlasih ini. Oleh sebab itu desa ini juga biasa disebut dengan Sentra Industri Kerupuk. Pandemi COVID-19 semakin meningkat, hal ini berbanding terbalik melumpuhkan segala bidang baik bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi, termasuk home industry yang ada di desa Tlasih yang terkenal akan desa yang aktif di bidang industri. Pada awal bulan Juli 2021 kasus COVID meningkat hingga membuat berbagai sektor koleps dan diberlakukannya (Perberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) PPKM (Harahap, 2021) yang membuat berbagai sektor usaha mengalami penurunan omset termasuk home industry yang ada di desa Tlasih. Dari hal tersebut membuat seluruh masyarakat harus berpikir cerdas membuat inovasi-inovasi baru guna tetap bertahan hidup di situasi yang belum stabil ini.

Melihat permasalahan tersebut dan juga melihat masyarakat di Desa ini memiliki kemauan dan semangat yang tinggi di dunia usaha, Mahasiswa KKN Pulang Kampung Sidoarjo Kelompok 3 Universitas Negeri Malang yang berkolaborasi dengan aparatur Desa Tlasih Tulangan Sidoarjo memberikan solusi melalui program kerja yang dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 19 Juli 2021. Program kerja ini adalah solusi di masa pendemi agar tetap produktif dan juga sebagai wadah menumbuhkan ide atau gagasan baru yang dapat dikembangkan menjadi berbagai usaha guna meningkatkan perekonomian di Desa Tlasih pada masa pandemi COVID-19. Dalam kegiatan pelatihan pembuatan taplak meja dengan ikat celup ini dilakukan via online untuk mematuhi kebijakan pemerintah yang melakukan PPKM darurat Jawa-Bali dengan membuat video pelatihan dan disebarluaskan ke masyarakat.  Kegiatan pembuatan taplak ini diawali dengan persiapan alat dan bahan yang di butuhkan, kemudian pelaksanaan dan pengambilan video pembuatan taplak meja dengan ikat celup,yang selanjutnya adalah tahap pengeditan video dan terakhir disebarluaskan. Proses penyebarluasan ini mahasiswa KKN UM berkolaborasi dengan aparatur Desa Tlasih guna menyebarluaskan kepada masyarakat via online.

dokumentasi-taplak-meja-60f68e3c06310e262a2f3292.png
dokumentasi-taplak-meja-60f68e3c06310e262a2f3292.png
Kegiatan pelatihan pembuatan taplak meja dengan ikat celup pada program kerja mahasiswa KKN Pulang Kampung Sidoarjo Universitas Negeri Malang berjalan dengan lancar. Walaupun dalam kondisi PPKM, mahasiswa KKN UM tetap berusaha untuk menyebarkan semangat produktif dengan memanfaatkan sosial media (online). Dari kagiatan ini mahasiswa mendapatkan pengalaman dan dapat mengabdi, bahwa mengabdi dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja asal memiliki kemauan dan tekad yang kuat. Semua kegiatan ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi semua belah pihak.

Salam Hangat

Mahasiswa KKN Pulang Kampung, Kelompok 3 Desa Tlasih, Kecamatan Tulangan, Sidoarjo Universitas Negeri Malang.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN