Mohon tunggu...
Nurul Safaina Chaerunnisa
Nurul Safaina Chaerunnisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Pendidikan Manajemen Perkantoran Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa KKN Tematik UPI 2022 Mengadakan Kegiatan Penyuluhan Mengenai Bahan Pangan Non-Pokok Kepada Siswa Kelas 5 SDN Ciwaruga I dan II

9 Agustus 2022   21:06 Diperbarui: 20 Agustus 2022   19:17 91 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Saat ini sebagian mahasiswa UPI sedang mengadakan kegiatan KKN Tematik 2022 yang diikuti oleh 149 kelompok yang terdiri dari 30 mahasiswa di tiap kelompoknya. KKN Tematik ini merupakan kegiatan akademik yang memiliki kepastian tema dan program dalam suatu kondisi kegiatan yang disesuaikan pelaksanaannya. Mata kuliah yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia, dibagi menjadi beberapa tema seperti desa tanpa kemiskinan, desa tanpa kelaparan, pendidikan sepanjang hayat, dan masih banyak lagi. KKN Tematik ini bertujuan untuk mengetahui dan dapat membantu masyarakat di daerah selain itu juga untuk meningkatkan aspek-aspek kehidupan di daerah. Adapun manfaat dari KKN Tematik ini adalah untuk melatih berpikir kritis, kreatif dan inovatif dalam menganalisis problem solving, melatih kemampuan bersosialisasi dan kepedulian terhadap masyarakat serta memperluas wawasan.

KKN Tematik UPI 2022 Kelompok 26'2 mengusung tema Desa tanpa Kelaparan melakukan KKN di Desa Ciwaruga yang bertempat di Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Salah satu program kerja yang diadakan oleh Kelompok 26'2 yaitu penyuluhan yang ditujukan untuk sekolah-sekolah yang bertempat di Desa Ciwaruga. Penyuluhan tersebut mengenai Bahan Pangan Non-Pokok yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa mengenai bahan apa saja yang bisa dijadikan pengganti bahan pokok. Dalam pelaksanaannya pada tanggal 25 dan 26 Juli 2022, dibantu berkoordinasi oleh guru dan kepala sekolah SDN Ciwaruga I dan II. Sasaran yang dituju untuk penyuluhan program ini adalah kelas 5 SD.

Dok pribadi
Dok pribadi

Teknis penyuluhan :

  • Melakukan kuisioner awal tentang materi yang akan disampaikan yang betujuan untuk mengetahui seberapa paham siswa tentang materi yang akan disampaikan.
  • Melakukan pemaparan materi secara interaktif kepada siswa.
  • Melakukan mini games yang berkaitan dengan materi yang sudah disampaikan dan memberikan hadiah sebagai bentuk pujian dan agar siswa lebih bersemangat.
  • Memberikan kuisioner akhir untuk menguji pemahaman siswa terkait materi yang telah disampaikan.
  • Memberikan biskuit kepada seluruh siswa.
  • Melakukan foto bersama.

Dok pribadi
Dok pribadi

Berdasarkan kuisioner awal dan akhir, sangat terlihat yang awalnya sebagian siswa tidak mengetahui mengenai materi yang disampaikan setelah penyuluhan dan kuisioner akhir, siswa lebih memahami materi yang sudah disampaikan. Setelah dilaksanakannya kegiatan penyuluhan ini, diharapkan siswa dapat memahami dan mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan bahan pangan non-pokok.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan