Mohon tunggu...
Nurul RohmatulKhasanah
Nurul RohmatulKhasanah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

mahasiswa milenial

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Literasi Terancang dalam Aplikasi Wattpad

25 Juni 2021   00:00 Diperbarui: 3 Juli 2021   17:41 1247 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Berawal dari setiap pertemuan dalam kelas Bahasa Indonesia di suatu kampus. Dosen selalu menanyakan "Apa yang kalian baca minggu ini?", dan terdapat beberapa mahasiswa yang menyebutkan bahwa mereka membaca wattpad. Jadi apa itu wattpad? Mari kita jabarkan.

Wattpad merupakan aplikasi asal Toronto, Kanada. Yang memungkinkan para pengguna-nya baik para penulis atau pembaca nya untuk menemukan berbagai karya tulis berupa artikel, novel, cerita pendek, atau sejenisnya dari penulis seluruh dunia. Wattpad rilis pada tahun 2006 oleh Allen Lua dan Ivan Yuen. Berbagai karya novel dan film yang laris dipasaran Indonesia, maupun mancanegara debut dari aplikasi literasi yang kita kenal, dengan sebutan wattpad. 

Berbagai genre tersedia di dalam aplikasi pintar satu itu. Mulai dari roman, puisi, spiritual,horor, misteri, humor, petualangan, hingga laga dan genre lainnya. Berdasarkan data statistik yang dikeluarkan oleh website alexa.com pada tahun 2019. Berdasarkan data yang didapatkan wattpad berada di peringkat 547 dihitung dari pengunjung situs terbanyak di dunia. Dengan presentasi pengunjung terbesar sebanyak 10,7% berasal dari Amerika yang berada di posisi pertama pengunjung wattpad.

Lalu Indonesia berapakah presentase pengunjung atau pengguna wattpad? Indonesia menempati posisi kedua pengunjung wattpad sebanyak 6,9%. Diikuti Mexico yang menempati posisi ketiga dengan presentase 5,2%. Lalu disusul Vietnam dengan presentase 4,9% di posisi keempat, dan posisi kelima diduduki oleh Filipina dengan presentase 4,6%. Dengan mayoritas pembaca nya yaitu para remaja.

Dari keterangan di atas bisa disimpulkan bahwa minat baca remaja Indonesia cukup tinggi. Namun bagaimana bisa presentase minat baca Indonesia rendah? Dikutip dari data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,001% artinya dari 1000 masyarakat Indonesia hanya 1 orang yang rajin membaca. Mengapa bisa berbanding terbalik dari presentase pengguna wattpad?

Ternyata terdapat banyak Keunggulan yang dihadirkan oleh wattpad untuk para pembaca nya yang menjadikan banyak remaja Indonesia yang memilih untuk membaca wattpad dibandingkan buku. Alasan tersebut antara lain yaitu 

1. Gratis

Untuk mengakses aplikasi pintar yang satu itu, kita hanya mengunduh nya di play store dan membuat akun. Setelah nya kita bisa mengakses semua cerita yang tersedia. Namun di samping itu terdapat beberapa cerita yang diharuskan pembaca nya untuk membuat akun premium dengan membayar sejumlah Rp 45.000,00 per bulan agar dapat mengakses nya.

2. Praktis

Hanya memerlukan telepon genggam untuk bisa menggunakan wattpad. Oleh karena nya kita tidak perlu membaca buku novel yang cukup berat dan memakan tempat. Cukup dengan membaca telepon genggam kita bisa membaca wattpad di manapun kita berada.

3. Bisa dibaca offline

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan