Mohon tunggu...
Nurul Kharimah
Nurul Kharimah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Diponegoro

Dalam hidup harus berani mengambil resiko dan pertaruhkan apa yang kamu punya untuk mendapatkan keberhasilan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mahasiswa KKN Undip Sulap Daun Kopi Menjadi Produk Pangan Berbentuk Panjang

17 Oktober 2021   16:12 Diperbarui: 17 Oktober 2021   16:16 20 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pemaparan dan Pengenalan Produk Stik Daun Kopi/dokpri

Pemalang (01/10/2021) Desa Gunungsari terletak di Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang Jawa Tengah yang terkenal dengan perkebunan kopinya. 

Tanaman kopi merupakan tanaman tahunan yang banyak dibudidayakan karena menghasilkan biji kopi yang diperlukan oleh banyak industri pangan menjadi berbagai olahan pangan baik minuman dan makanan. 

Selain biji kopi yang digunakan untuk berbagai olahan pangan ternyata daun kopi berpotensi untuk dijadikan pangan olahan. Pengoptimalan daun kopi sebagai diversifikasi bahan lokal di masa pandemi perlu dilakukan untuk mendukung ketahanan tubuh. 

Gerakan diversifikasi pangan mulai dari meningkatkan produktivitas pangan lokal, meningkatkan aksesbilitas pangan lokal dengan pendampingan, penyuluhan, sosialisasi, melakukan edukasi mengenai pentingnya diversifikasi dan optimalisasi pangan lokal serta promosi pangan lokal.

Pandemi Covid-19 yang tidak kunjung selesai menghambat mobilitas masyarakat dan berdampak pada berbagai sektor termasuk sektor pangan, hal tersebut yang membuat masyarakat harus memiliki strategi untuk  memanfaatkan berbagai bahan lokal yang tersedia menjadi produk pangan olahan yang menyehatkan  terlebih di masa pandemi. 

Oleh karena itu, diadakan program pembuatan stik daun kopi guna diversifikasi dan optimalisasi bahan lokal menjadi pangan sehat.

Pelaksanaan program ini dilakukan bersama ibu-ibu PKK yang ada di desa Gunungsari. Kegiatan diawali dengan koordinasi dengan ibu-ibu PKK, setelah itu tahap penyebaran leaflet dan brosur yang berisi tentang kandungan daun kopi, manfaat daun kopi, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat stik daun kopi dan cara pembuatannya. 

Tahap berikutnya pengenalan produk stik daun kopi "STIKO" dan pembagian produk STIKO kepada ibu-ibu PKK. Selanjutnya dilkukan diskusi bersama ibu-ibu PKK mengenai stik daun kopi. Ketertarikan warga terhadap stik daun kopi ditunjukkan antusias mereka untuk bertanya mengenai cara pembuatan stik daun kopi.

Produk Stik Daun Kopi
Produk Stik Daun Kopi "STIKO"/dokpri

Program ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk melakukan diversifikasi dan optimalisasi pangan lokal menjadi olahan pangan yang lezat dan menyehatkan. Dengan adanya penyebaran leaflet "Pembuatan Stik Daun Kopi" diharapkan masyarakat lebih paham dan resepnya dapat di implementasikan di kehidupan sehari-hari untuk membuat camilan lezat dirumah.

Penulis: Nurul Kharimah

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan