Mohon tunggu...
Nurul Isrofiyani
Nurul Isrofiyani Mohon Tunggu... Semoga Bermanfaat

Manusiakanlah manusia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Tips Belajar Daring yang Efektif di Rumah

13 Juni 2021   10:22 Diperbarui: 13 Juni 2021   10:31 44 1 0 Mohon Tunggu...

TIPS BELAJAR DARING YANG EFEKTIF DI RUMAH

Saat ini Covid 19 atau disebut juga dengan Corona menjadi pembicaaraan yang sangat hangat. Dalam waktu singkat saja namanya menjadi trending topik, dibicarakan secara masif dimanapun baik berita media cetak maupun online. Covid 19 memiliki nama ilmiah Severe Acute Respiratory Syndrom Coronavirus 2 ( SARS-COV-2) adalah jenis virus baru yang penyebarannya sangat cepat pada manusia, vius ini dapat menyerang siapa saja baik dari kalangan bayi, anak-anak, dewasa, sampai dengan lansiah. Virus ini dapat menyebapkan gangguan ringan pada pernafasan, infeksi paru-paru yang hebat, hingga kematian.

Begitu besar dampak yang disebapkan oveh virus Covid 19 hal tersebut membuat beberapa negara menetepkan kebijakan lockdown dalam rangkah mencegah penyebaran virus corona ini. Di Indonesia juga melakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus ini. 

Banyak dampak yang timbul akibat virus ini terutama di bidang pendidikan, larangan untuk berkumpul mengakibatkan proses belajar mengajar disekolahan juga di tiadakan karena akan berpotensi untuk berkumpul dengan skala besar. Sehingga pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk proses belajar dirumah saja (Daring).

Banyak suka dan duka ketika melakukan pembelajaran di rumah, sukanya peserta didik tak perlu harus susah payah untuk datang kesekolahan, namun banyak duka yang diberikan oleh pembelajaran online ini, pemahaman yang diterima peserta didik kurang bahkan peserta didik sama sekali tidak memahami materi yang diberikan oleh gurunya karena banyak persoalan yang menhambat baik proses pembelajaran yang monoton sehingga mengakibatkan peserta didik merasa bosan, dan semangat belajar dari peserta didik kurang.

Dalam artikel ini saya akan memberikan tips untuk belajar dirumah menjadi efektif, berikut tipsnya:

  1.  Mengatur waktu belajar dengan baik

Sering kali saya mendengar keluhan dari para wali murid tentang anaknya yang keasikan main game saat diberikan fasilitas handphone yang seharusnya untuk fasilitas belajar daring, sehingga anak hanya kehabisan waktu bukan untuk belajar namun untuk main game online yang ada di smartphone tersebut.

Hal tersebut tidak boleh dibiarkan secara terus menerus, perlu adanya peran orang tua untuk memantau proses belajar anak karena anak belum bisa mengelolah waktunya sendiri. Perlu adanya komitmen antara anak dengan orang tua, anak akan diberi kebebasan waktunya untuk bermain ketika dia telah menyelesaikan tugasnya untuk belajar. Biasakan untuk anak selalu bersikap disiplin dalam waktunya setiap hari.

 2. Membuat daftar tugas

Sebagai pendamping belajar orang tua juga harus bisa menjadi guru belajar dirumah untuk anaknya. Orang tua harus bisa menyelesaikan dan mencarikan solusi untuk persoalan yang dihadapi anak saat belajar dirumah. Selain itu motivasi anak yang besar untuk belajar juga sangat penting untuk belajar dirumah. Namun jika hanya motivasi saja kurang jika sistem pembeljaran yang dilakukan kurang efektif. Sebagai refrensi orang tua beserta peserta didik dapat meniru teknik dari Pomodoro:

  • Buat daftar tugas yang harus dikerjakan
  • Kerjakan tugas selama 25 menit
  • Centang daftar tugas yang sudah terlaksana
  • Istirahatlah selama 5 menit
  • Kembali belajar selama 25 menit + 5 menit istirahat. Ini adalah satu kegiatan Pomodoro.
  • Setelah melaksanakan 4 kali kegiatan Pomodoro, lakukan istirahat panjang sekitar 30 menit.

 3. Menata tempat belajar dirumah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN