Mohon tunggu...
Nurulis
Nurulis Mohon Tunggu... My sweet children

Selalu semangat untuk hidup lebih baik, stay strong and never give up !!

Selanjutnya

Tutup

Diary

Fabel Cerita Si Kancil Mencuri Timun yang Melegenda

15 Mei 2021   15:15 Diperbarui: 15 Mei 2021   15:54 298 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Fabel  Cerita Si Kancil Mencuri Timun yang Melegenda
Ilustrasi : https://www.bukukita.com

Cerita si cerdik kancil begitu melegenda di kalangan anak-anak dari masa dulu hingga generasi sekarang.  

Siapa yang tidak tahu kancil?  Dalam dunia fabel kancil di kenal hewan yang cerdik dengan seribu satu cara bertahan hidup menghadapi lawan-lawannya. 

Bahkan hewan buas pun kalah dengan taktik dan strategi dari si kancil.  

Sampai sebegitu tenarnya hewan ini,   dalam kehidupan nyata, seseorang yang penuh akal dan tipu daya sampai di juluki dengan sebutan kancil.  

Masih jelas dalam ingatan, sewaktu kecil aku pernah membaca cerita si kancil. Yang mengisahkan antara kancil dan kera yang busuk hati.  

Kisahnya di awali ketika kancil bertemu dengan kera di dekat kebun timun pak tani. Kera tahu kalau pak tani memasang jebakan di kebun timun itu,  yang sebenarnya ditujukan untuknya. 

Kera sering ke kebun timun pak tani untuk mencuri dan merusak tanaman timunnya. Pak tani tahu itu,  sehingga memasang jebakan untuk kera.  

Dengan tipu muslihatnya,  kancil di bujuk agar mencuri timun dan masuk jebakan itu.  Tanpa curiga si kancil masuk ke kebun timun itu,  dan benar saja baru beberapa langkah dia masuk, kancil sudah masuk ke jebakan itu.  

Kakinya terjerat hingga posisi tubuhnya terbalik kepala di bawah dan kakinya di atas.  

Kera menertawakan kancil yang bisa dia tipu olehnya,  padahal yang biasa menipu dan punya banyak akal justru si kancil kan? 

Kemudian datang sekawanan burung pipit yang dulu pernah ditolong kancil.  Atas nasehat burung pipit , kancil akhirnya di suruh pura-pura mati.  Saat pak tani datang dan melihat kancil di pikir telah mati terkena jebakannya,  pak tani melempar parangnya ke tali yang menjerat kancil.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN