Mohon tunggu...
Nurul fauziyah
Nurul fauziyah Mohon Tunggu... Lainnya - Ziyah
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Mahasiswi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Evaluasi Program Perkembangan Kognitif AUD

12 Mei 2020   08:50 Diperbarui: 12 Mei 2020   08:57 1697
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Evaluasi pembelajaran adalah suatu kegiatan yang sangat penting dalam proses berlangsungnya pembelajaran. Dimana evaluasi ini untuk mengetahui sejauh mana peserta didik memahami apa yang telah mereka pelajari selama mengikuti pembelajaran.

Bukan hanya untuk mengetahui pemahaman materi peserta didik tapi juga mengetahui bagaimana perkembangan dari semua aspek perkembangan peserta didik. Menurut Elis Ratnawulan & H. A. Rusdian (2015) evaluasi adalah proses untuk menentukan kesesuaian antara keterampilan siswa dengan tujuan yang telah ditentukan oleh pendidik. 

Jadi dapat disimpulkan bahwa evaluasi adalah suatu proses tindak lanjut yang dilakukan pendidik untuk mengetahui kemampuan peserta didik selama mengikuti pembelajaran tersebut.

Penilaian dalam konteks pembelajaran di PAUD adalah prosedur sistematis secara menyeluruh digunakan untuk mendapatkan suatu informasi tentang kinerja dan peningkatan berbagai aspek perkembangan sehingga dapat dicapai oleh peserta didik setelah melakukan atau mengikuti kegiatan pembiasaan dalam waktu yang ditentukan.

Konsep dasar evaluasi (penilaian) anak usia dini diantaranya: Mendidik, Berkesinambungan, Sistematis, Menyeluruh, Objektif dan adil, Terpadu, Kuntabel, Terbuka.

Konsep Dasar Evaluasi Pembelajaran AUD 

  1. Mendidik. Mendidik sama halnya dengan mengarahkan. Mendidik dan mengarahkan disini Proses dan hasil penilaian perkembangan harus mampu memberikan sumbangan positif pada peningkatan perkembangan peserta didik.
  2. Sistematis. Perkembangan anak secara sistematis dimana anak mengalami perkembangan sesuai dengan apa yang telah diprogramkan atau secara teratur sesuia dengan kebutuhan peserta didik dan sesuai dengan apa yang diprogramkan oleh guru.
  3. Berkesinambungan. Dimana perkembangan peserta didik secara berkesinambungan tidak (terpisah/ terputus) dan secara bertahap sehingga guru dapat memperoleh atau mengetahui pertumbuhan dan perkembangan anak didiknya.
  4. Menyeluruh. Penilaiannya mencakup semua aspek perkembangan anak dari aspek kognitif, sosial emosional, motorik,agama. Dan guru menilai aspekaspek perkembangan anak sesuai dengan kebutuhan anak, dan kegiatan penilaiannya harus relevan atau berhubungan dengan aspek yang dinilai.
  5. Objektif dan adil. Penilaian objektifitas adalah penilaian yang memberikan informasi yang nyata,atau mendekati objek kemampuan pertumbuhan dan perkembangan anak. Guru juga harus menilai dan memperhatikan perbedaan- perbedaan pada perkembangan setiap anak. Penilaian terhadapa anak harus adil dan guru harus bisa melihat bahwa anak memiliki keuinikan dari setiap individu anak yang berbeda dengan anak yang lain.
  6. Terpadu. Penilaian pada anak merupakan suatu komponen penting dari kegiatan pembelajaran dan hasil pembelajaran anak yang dijadikan dasar untuk memperbaiki proses pembelajaran yang telah berlangsung apa bila proses belajara peserta didik tidak sesuai dengan apa yang seharunya ada dalam pertumbuhan dan perkembangan anak sementara istrumen yang digunakan sudah memenuhu syarat.
  7. Akuntabel. Maksut dari akuntabel adalah penilaian harus dapat dipertanggung jawabkan,dilihat dari segi teknik, prosedur dan hasil. Di akuntabel ini lebih menekan pada hasil, guru harus bisa membedakan prilaku peserta didik dengan prilaku yang nyata. Artinya, peserta didik yang dinyatakan baik dalam suatu aspek perkembangannya harus berbeda dengan peserta didik yang dinyatakan kurang baik dalam penilaian.
  8. Terbuka. Tidak ada yang harus ditutupi dalam proses penilaian, kriteria penilaian, dan dasar pengambilan keputusan dapat diketahui oleh pihak yang berkepentingan.

Tujuan evaluasi atau penilaian pembelajaran AUD yaitu: untuk merencanakan pembelajaran individual dan kelompok dapat berkomunikasi, mengidentifikasi anak yang membutuhkan bantuan atau layanan khusus, mengevaluasi apakah tujuan pendidikan sudah tercapai atau belum, mengetahui dan menindaklanjuti pertumbuhan dan perkembangan yang sudah dicapai oleh peserta didik selama mengikuti pendidikan.

Jenis-jenis evaluasi pembelajaran AUD dintaranya: penilaian kinerja, penilaian proyek, penilaian portofolio, penilaian tertulis. Cara penilaian AUD, cara penilaian perkembangan anak usia dini lebih tepat jika digunakan asesmen alternatif. Asesmen adalah proses mengumpulkan informasi dan membuat keputusan berdasarkan informasi itu.

Peranan guru dalam kegiatan penilaian yaitu a) guru harus menggunakan keterampilan yang tinggi untuk menilai pengaruh-pengaruh program anak, b) menilai program dan tingkah laku anak yang diperlukan yang mencakup ruang lingkup tingkah laku dan kepribadian anak yang lebih luas, c) menggunakan evaluasi formatif sebagai bagian yang lebih penting dan berguna dalam meningkatkan kualitas dan menyesuaikannya dengan program pendidikan anak usia dini. Penerapan evaluasi pembelajaran AUD yaitu; pengamatan (Observasi), wawancara, catatan anekdot, portofolio, dan unjuk kerja.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun