Mohon tunggu...
Nurul Barokah
Nurul Barokah Mohon Tunggu... Santri

Man jadda wa jadda, man shabara zhafira. اللهم صل وسلم على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه اجمعين

Selanjutnya

Tutup

Fesyen

Begini Cara Merawat Sepatu Kulit agar Tidak Mudah Rusak!

29 Juli 2020   09:10 Diperbarui: 29 Juli 2020   10:34 21 2 0 Mohon Tunggu...

Sepatu merupakan alas kaki yang telah ada sejak lama. Mulai dari anak-anak yang bersekolah, orang kantoran, hingga bayi di bawah umur tiga tahun, kini telah menggunakan sepatu. Sepatu sendiri terbuat dari bahan-bahan dan jenis yang berbeda. Salah satu jenis bahan sepatu yang masih terus tren hingga kini adalah jenis sepatu kulit.

Meski telah lama ada, sepatu kulit terus digunakan karena kulitasnya yang amat baik. Sepatu kulit mampu bertahan lama, apabila dirawat dengan baik. Cara merawat sepatu kulit sebetulnya tidak terlalu susah, namun masih jarang yang belum mengetahui bagaimana caranya. Nah berikut ulasan tetang bagimana cara merawat sepatu kulit. Simak terus ya!

Cara Merawat Sepatu Kulit

Memiliki sepatu berbahan kulit tentu mempunyai perawatan yang berbeda, apalagi jika mengingat harganya yang tak murah. Untuk itu perlu menjaganya agar tak mudah rusak, khususnya dari serangan jamur pada sepatu. Ikuti langkah-langkah berikut ini!

• Kenali sepatumu

Langkah pertama yang harus dilakukan ialah mengetahui apa jenis sepatu yang anda miliki. Meskipun berbahan kulit, namun sepatu kulit memiliki jenisnya sendiri. Setiap sepatu kulit memiliki tingkat lembab, elastis dan ketahanan yang berbeda-beda.

Full grain misalnya, jenis sepatu kulit ini memiliki tingkat keelastisan yang amat baik, apabila dibandingkan dengan yang lainnya. Jenis sepatu full grain akan awet apabila dilakukan perawatan yang benar. Umumnya ketika anda membeli sepatu, sang penjual akan memberitahu jenis sepatu apakah yang ia jual.

• Simpan sepatu dengan benar

Kelihatannya memang sepele ya, namun menyimpan sepatu bukan sekedar asal. Hal ini bukan hanya untuk sepatu kulit, namun juga berlaku untuk semua jenis sepatu. Hingga kini masih banyak yang meremehkan masalah penyimpanan sepatu. 

Faktanya sepatu yang disimpan di ruang yang lembab, akan lebih mudah lapuk akibat terkena jamur. Selain itu, sepatu yang disimpan di tempat yang lembab akan menjadi keras dan kaku. Sehingga menjadi tidak nyaman ketika digunakan.

Sangat disarankan menyimpan sepatu di dalam kardus sepatu, yang terdapat silica gel di dalamnya. Apabila tidak ada silica gel, anda dapat menggantinya menggunakan koran. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x