Mohon tunggu...
Riska Erka
Riska Erka Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Pelayanan Farmasi di Era Revolusi Industri

7 April 2019   00:56 Diperbarui: 7 April 2019   03:02 0 0 0 Mohon Tunggu...

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Perkenalkan nama saya Nurul Afwi (N011181342)  salah satu Mahasiswa dari Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin. Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai "Pelayanan Farmasi dalam Kesehatan Masyarakat di Era Revolusi Industri ". Tetapi, ada baiknya jika terlebih dahulu kita mengetahui apa itu REVOLUSI INDUSTRI.

Revolusi merupakan gerakan perubahan yang terjadi secara social maupun kebudayaan yang saling terhubung antara kehidupan masyarakat.

Industri merupakan penggerak suatu bidang atau usaha contohnya dari bidang ekonomi menjadi bidang ekonomi industri.

Sedangkan,

Revolusi Industri merupakan perubahan yang terjadi di berbagai bidang, contohnya bidang ekonomi industri yang terjadi di masa sekarang, seperti mesin pengolahan daging mentah bakso menjadi bahan siap pakai untuk produksi masyarakat. Karena adanya revolusi industry inilah yang mengubah kehidupan manusia menjadi lebih baik dan lebih praktis untuk mendapatkan pekerjaan.

Seiring berjalannya waktu, revolusi industri ini semakin meningkat karena adanya tahap yaitu tahap pertama Revolusi Industri 1,0, tahap kedua Revolusi Industri 2,0, Tahap ketiga Revolusi industri 3,0, dan tahap terakhir yaitu Revolusi 4,0.

Pada tahap pertama yaitu Revolusi Industri 1,0  ini dimulai pada tahun 1750-1850. Pada saat itu perubahan di bidang pertanian terjadi secara cepat contohnya teknologi, transportasi, dan pertambangan memiliki dampak terhadap kondisi ekonomi maupun social budaya di muka bumi ini.

Pada generasi ini, sejarah tenaga manusia maupun hewan telah tergantikan dengan adanya kemunculan sebuah mesin. Salah satu mesin yang muncul ialah munculnya mesin uap pada abad ke-18. Pada saat ini Revolusi sejarah berhasil di catat sebagai penggerek kenaikan perekonomian secara dramatis selama dua abad lamanya, dan pada saat revolusi ini jugalah Negara-negara di dunia mengalami peningkatan sebanyak enam kali lipat.

Pada tahap kedua yaitu Revolusi Industri 2,0, ini dimulai pada tahun 1870.  Pada tahap ini selain disebut dengan Revolusi Industri 2,0 juga di kenal sebagai Revolusi Teknologi. Ini disebabkan Karena berkembang pesatnya industrilisasi yang merupakan sebuah fase pada abad ke-19 hingga abad  ke-20.

Pada saat ini ditemukan kemunculan pembangkit listrik dan motor pembakaran dalam (Combustionchamber) juga ditemukan alat mesin industri serta pengembangan pembuatan suku cadang,  juga di temukan Proses Bessermer penghasil baja, dan kemunculan alat elektronik lainnya seperti pesawat, telepon, mobil, dll. Penemuan-penemuan ini mengakibatkan awal mula Perang Dunia I.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x