Mohon tunggu...
Nurul Aini Putri
Nurul Aini Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Selamat Datang

Hallo👋🏻I'm Nurul.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

5 Cara Bangkitkan Semangat Belajar

7 Desember 2021   03:00 Diperbarui: 7 Desember 2021   03:40 285 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gambar oleh : the-girlygeek.tumblr.com via Pinterest.

Di masa sekarang tidak sulit menemukan orang-orang yang malas untuk belajar. Kemalasan disebabkan adanya kebiasaan yang hanya berdiam diri tanpa melakukan aktivitas yang produktif selama masa pandemi. Diberlakukannya aturan stay at home atau di rumah saja bukan berarti kita hanya menggunakan waktu untuk tidur. Tetapi, buatlah aktivitas-aktivitas yang dapat menjaga kebiasaan baik menjadi lebih baik lagi. Hal ini dapat dilakukan seperti, membersihkan rumah, olahraga ringan, menanam tanaman, membaca buku, dan lain sebagainya. Dengan demikian, kebiasaan baik yang telah ada dalam diri akan tetap terlaksana dengan baik tentunya. Saat ini, masyarakat sudah mulai beraktivitas seperti biasa. Namun, masih banyak orang-orang yang tetap saja malas belajar. Kemalasan belajar disebabkan oleh beberapa hal, seperti tidak menyukai materi, lebih mengutamakan sosial media, terlalu asyik bermain, dan lain-lain.
Lantas bagaimana cara agar kita tetap semangat untuk belajar? Ini dia 5 cara ampuh bangkitkan semangat belajar.
1.Berdoa Sebelum Belajar

Jika kita memang benar-benar akan belajar. Maka sebaiknya berdoa terlebih dahulu sebelum belajar. Dengan berdoa dapat menjaga niat kita yang akan belajar menjadi terjaga dan lebih semangat serta penuh konsentrasi.

2.Mencari Tempat Yang Nyaman

Tempat nyaman dan bersih sangat berpengaruh terhadap suasana aktivitas kita. Sebaiknya hindari belajar di dalam kamar atau di atas kasur, hal ini menyebabkan rasa kantuk yang akan dengan cepat menyerang kita. Carilah tempat seperti di ruang tamu, halaman rumah. Apabila berada dalam lingkungan yang ramai seperti, pasar atau tempat hiburan, tentunya tidak fokus jika kita belajar. Maka sebaiknya kita belajar di tempat yang tenang seperti, taman, perpustakaan umum, dan lain sebagainya.

3.Belajar Sambil Mendengarkan Musik

Musik merupakan salah satu dari faktor yang menyebabkan diri untuk hidup lebih semangat. Terutama musik K-Pop. Hal ini dikarenakan kebanyakan genre yang digunakan adalah pop. Tentunya dapat membuat kita yang awalnya mengantuk atau lelah menjadi bugar kembali. Tetapi jangan terlalu fokus pada musik, tetaplah melakukan kegiatan belajar sembari mendengarkan musik.

4.Jauhkan Handphone Dari Jangkauan

Handphone dapat mengubah niat kita yang awalnya akan belajar menjadi scrooll tik tok, melihat feed instagram, menonton youtube, dan lain sebagainya. Maka dari itu, sebaiknya jauhkan handphone dari jangkauan kita. Dengan begitu kita lebih fokus dan semangat dalam belajar.

5.Menyediakan Makanan Ringan Secukupnya

Makanan ringan juga membantu aktivitas belajar menjadi lebih semangat. Hal ini dikarenakan suasana hati yang meningkat dengan adanya makanan ringan yang menemani. Selain itu, belajar dengan ditemani makanan ringan juga bisa membuat perut kita terisi oleh makanan. Maka, kita dapat berkonsentrasi saat belajar tanpa harus memikirkan perut lapar.

Dari lima hal di atas, dapat diambil kesimpulan bahwasanya jika ingin membangkitkan semangat belajar dan lebih fokus sebaiknya kita berdoa terlebih dahulu dan mulailah belajar di tempat yang nyaman. Selain itu, kita juga bisa sambil mendengarkan musik melalui sound system atau lainnya. Agar lebih semangat lagi, kita bisa sediakan makanan ringan untuk menemani belajar dan pastikan perhatian kita tidak teralihkan kepada handphone.

Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan