Mohon tunggu...
Nurul Jubaedah
Nurul Jubaedah Mohon Tunggu... Guru - Teacher, writer, traveler, vloger

“Semua orang akan mati kecuali karyanya, maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di akhirat kelak". Ali bin Abi Thalib

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Guru: Artis dalam Dunia Pendidikan

15 November 2022   10:30 Diperbarui: 15 November 2022   10:28 147
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Guru : Artis dalam Dunia Pendidikan

(Nurul Jubaedah,S.Ag.,S.Pd.,M.Ag Guru SKI di MTsN 2 Garut)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) artis adalah ahli seni, seniman, seniwati (seperti penyanyi, pemain film, pelukis, pemain drama). Tamu artis terkenal yang ikut dalam pertunjukan drama dan sebagainya sebagai tamu dan dalam pertunjukan yang terbatas.

Seorang seniman akan selalu dikenal oleh masyarakat luas, apalagi jika sudah menjadi idola, maka ia pasti akan dikagumi dan karyanya akan selalu membekas di hati. Guru juga dapat dianggap sebagai seniman dunia pendidikan.

Guru adalah seorang seniman. Karena guru juga dikenal dan menjadi idola peserta didik, bahkan orang tua atau wali peserta didik tersebut. Guru merupakan sosok yang dijadikan tumpuan bagi keberhasilan belajar peserta didik.

Pendidik dapat menjadi seniman yang selalu dikenal dan dikenang di kalangan peserta didik, kerabat profesional dan juga masyarakat. Setiap negara selalu menghormati guru, seperti di Indonesia, jasa guru dihormati dengan menetapkan tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional.

Seorang guru haus akan semua pengetahuan. Guru bukan hanya seniman, tetapi pahlawan. Setiap Pedagogik memiliki karakternya sendiri dalam tugas profesional dan mengajarnya.

Untuk menjadi seniman dalam dunia pendidikan, seorang guru harus menjadi: 

  • Change Agent (Agen Pembaharu)
  • Change Agent berarti guru memiliki pengaruh yang besar dalam pembenahan dunia pendidikan. Jadi, sebagai pribadi yang profesional dengan pendidikan yang profesional, keterampilan dan kemampuan seorang guru tidak bisa dipandang sebelah mata. Peran guru dalam reformasi pendidikan adalah mendukung desentralisasi pendidikan, bekerja sama dengan masyarakat, menjadi pelaksana sistem pendidikan nasional dan meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pembaharu inovasi pendidikan bertindak sebagai penghubung antara agen perubahan dan klien, tujuannya agar inovasi tersebut dapat diterima atau dilaksanakan oleh klien sesuai dengan keinginan pengusaha pembaru.


  • Action Rereacher (Peneliti Tindakan)

Seorang guru tidak hanya seorang praktisi di bidang pendidikan, tetapi juga seorang peneliti. Penelitian yang dilakukan oleh guru bersifat internal. Dilakukan di dalam kelas dan dalam konteks pembelajaran. Penelitian ini dikenal dengan nama Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dasar penerapan PTK sangat sederhana.

Guru memahami bahwa ada masalah dalam pelaksanaan pembelajaran. Masalah ini sangat mengganggu. Selanjutnya, masalah tersebut benar-benar perlu dipecahkan atau solusi dapat ditemukan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun