Mohon tunggu...
Nurul Dwie Fauziah
Nurul Dwie Fauziah Mohon Tunggu... Mahasiswa - -

Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN UPI 2021: Webinar Literasi Baca dan Tulis

23 September 2021   10:32 Diperbarui: 24 September 2021   12:56 47 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KKN UPI 2021: Webinar Literasi Baca dan Tulis
Dok. Pribadi

Pada tanggal 18 September 2021, Kelompok 17 Kuliah Kerja Nyata Universitas Pendidikan Indonesia 2021 yang di damping oleh Dosen Pembimbing Lapangan telah melaksanakan kegiatan webinar dengan tema "Paradigma Literasi Baca Tulis di Era Digital 4.0". 

 Pelaksanaan webinar ini dilaksanakan secara daring dengan menggunakan aplikasi zoom dalam rangka implementasi pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Tematik Mengembangkan Literasi  (Baca dan Tulis, Numerasi, Sains, Digital, Finansial, Budaya dan Kewargaan) dan Rekognisi Merdeka Belajar Kampus Merdeka - Pusat Prestasi Nasional. Tujuan dari webinar ini untuk mengedukasi serta sharing kepada masyarakat tentang pentingnya literasi baca tulis di era digital.

Kegiatan webinar ini dipandu oleh Kahfi Achmad M , mahasiswa dari jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI selaku moderator. Acara dimulai dengan melantunkan ayat suci Al-quran,agar kegiatan ini dipenuhi keberkahan, lalu dilanjutkan dengan sesi sambutan dari Dosen Pembimbing Lapangan yaitu Abdul Azis, M.Pd. 

Beliau merupakan Dosen Pendidikan Sosiologi Fakultas Pendidikan Ilmu Pendidikan Sosial yang menyampaikan bahwa pada zaman ini perkembangan IPTEK sudah berimplikasi luas terhadap penyelengaraan pendidikan, akan tetapi peringkat Indonesia dalam PISA(Programe for Internasional Student Assesment) menempati peringkat ke 74 dari 79 negara dalam hal literasi,ini menjadi tantangan bagi akademisi dimana pentingnya menanamkan kemampuan literasi pada generasi muda.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Narasumber dari kegiatan webinar ini adalah Ahmad Fuadin,M.Pd. Beliau merupakan dosen Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Pendidikan Indonesia. Dalam webinar ini beliau menjelaskan kondisi literasi baca tulis di era digital ,yang mana minat dari netigen terhadap baca dan tulis menurun. Lalu beliau juga menjeaskan cara meningkatkan baca tulis diri dan anak didik diera digital serta upaya pemerintah dalam meningkatkan literasi dalam meningkatkan literasi dengan berbagai bentuk program. Serta beliau berbagi tips bagaimana meningkatkan literasi seperti:

1. mulai membaca sesuatu yang kita sukai

2.menyiapkan waktu yang tepat dannyaman

3. menumbuhkan rasa ingin tahu

4. meminta seseoran untuk merekomendasikan buku

5. membaca seperlunya

Lalu menurut beliau penting adalah literasi membutuhkankesadarandan membutughkan kolaborasi antara semua pihak yang menjadi kreasi. Lalu beliau berpesan " Kitalah yang harus berkreasi , mulai dari diri kitalah untuk memulai meningkatkan literasi itu, khususnya ini untukdiri saya pribadi juga meningkatkan literasi. Mari kita sama-sama untuk menumbuhkan literasi itu" (18/9/2021)

Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan