Mohon tunggu...
Nurul Ulum Mahmudah
Nurul Ulum Mahmudah Mohon Tunggu... Guru - Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Saya suka menonton film, wisata kuliner dan traveling ke tempat-tempat baru yang belum pernah saya kunjungi.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan dengan Permainan Memancing Bola Angka pada Anak Usia Dini

26 November 2022   16:54 Diperbarui: 26 November 2022   17:22 243
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan Anak Usia Dini tidak bisa lepas dari konsep pengenalan lambang bilangan. Hal ini karena konsep lambang bilangan sangat berpengaruh bagi kehidupan sehari-hari. Secara umum Anak Usia Dini cenderung hanya menghitung sesuai urutan dan menyebutkan angka tanpa disertai dengan pengetahuan tentang bentuk lambang bilangannya. 

Dalam pengembangan kognitif banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan guru dalam mengembangkan aspek kemampuan kognitif anak di antaranya adalah melalui kegiatan bernyanyi, bercerita, dan masih banyak lagi yang lainnya. Salah  satu  prinsip perkembangan anak   usia   dini   adalah   belajar   melalui media.   

Penggunaan   media   yang   sesuai untuk  anak  usia  dini  dalam pengenalan matematika  memiliki  peranan  yang  sangat besar.  Manfaat  penggunaan  media  dalam pengenalan matematika yaitu untuk membantu anak dalam memahami berbagai  konsep  matematika  yang  bersifat abstrak    dapat    disajikan    dalam bentuk kongkrit  sehingga  mudah  dimengerti  dan dipahami    oleh    anak    (Pujiastutik    dan Setyowati,  2010). 

Alat  peraga  dapat  menjadi  solusi yang  efektif  untuk  anak  agar  anak  dapat menyukai   pembelajaran   yang   disajikan. Hal tersebut akan  memunculkan  motivasi atau   semangat   anak.   Motivasi   ini   akan menggerakan   daya   cipta   yang   didorong oleh   potensi   yang   sudah   ada   pada   diri anak.

Berdasarkan   hasil   penelitian   dari Firtiyanti     (2015)     menunjukan     bahwa media gambar asosiatif dapat meningkatkan   kemampuan   anak   dalam mengenal  angka  1-10,  hasilnya meningkat dari sebelum menggunakan media pembelajaran. Media   dengan   memancing   bola angka  merupakan  salah  satu  teknik  yang diterapkan  untuk  melatih  daya ingat  otak kanan  dan  kognitif  pada  anak. 

Media  ini sangat  baik  diterapkan  pada  anak  dengan pertimbangan pentingnya mengembangkan fungsi   otak   kanan   dan   kognitif   anak. Memperkenalkan    angka  pada  anak  tidak dapat dipisahkan dari kegiatan menanamkan konsep bilangan dan lambang bilangan  itu  sendiri.  

Betapa  pun rumit  dan  sederhananya  sebuah  lambang, ia  tidak begitu  bermakna  manakala konsep yang dikandung tidak tercerna anak. Oleh karena itu, Media   dengan   memancing   bola angka merupakan  salah  satu  teknik  yang diterapkan  untuk  melatih  daya  ingat  otak kanan  dan  kognitif  pada  anak. Media  ini sangat baik  diterapkan  pada  anak  dengan pertimbangan pentingnya mengembangkan fungsi   otak   kanan   dan   kognitif   anak.

Berikut ini alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat media permainan memancing bola angka adalah :

1. Gelas Kertas

2. Sumpit

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun