Mohon tunggu...
Nurul Hidayati
Nurul Hidayati Mohon Tunggu... Dosen -

Ordinary woman; mom; wife; lecturer; psychologist; writer; story teller; long life learner :) Hmm, nice to meet you! :)

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Artis, Stress, dan Spiritualitas Instan

31 Agustus 2016   12:11 Diperbarui: 2 September 2016   14:24 232 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Artis, Stress, dan Spiritualitas Instan
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Nggak biasanya nih, ikut-ikutan nimbrung tentang fenomena para seleb. Namun, peristiwa tertangkapnya guru spiritual artis reza artamevia, bagi saya sangat menarik. Apalagi padepokan milik Aa Gatot kabarnya menjadi jujukan banyak artis.

Spiritualitas: Jalan Singkat?

Kisah para nabi dan rasul dalam perjalanan spiritual mereka tentu dengan jelas membantah asumsi ini. Namun, bukan generasi "y" kalau menerima begitu saja jawaban dari masa lampau, bukan?

Sudah lebih dari sepuluh tahun lalu, kita telah disuguhi oleh CD yang mengatakan kalau dengan memperdengarkan gelombang suara tertentu, kita akan dengan mudah berada di zona alpha. Kita tahu, doa terbaik, oleh ajaran agama biasanya disarankan dilakukan di waktu hening, waktu khusyu, di alpha state. Dan, kalau bisa instan, ngapain pakai lama? Begitu pikir kita.

Artis dan Stress

Nggak perlu jadi artis untuk ngalamin apa yang namanya stress (distress). Kalau ada stimulus (stressor) yang menghampiri, dan stimulus tersebut melebihi ambang stress kita, maka di situlah kita mengalami stress.

Banyak orang merasa stress, lalu ia terhibur dengan cerita mukidi. Lalu di-share lah kisah mukidi itu secara berantai (yang mungkin dimaksudkan untuk menghibur / meringankan stress). Lalu ketika "virus mukidi" berkembang biak dan menjadi viral, kita mulai bete dan stress karena mukidi sudah t-e-r-l-a-l-u :D bukankah manusia memang aneh? he he he

Pengalaman Puncak Ala Abraham Maslow

Saya nggak kenal Aa Gatot. Saya pun nggak kenal mbak reza, meski waktu masih sma dulu kagum dengan suaranya yang gimana gitu... Dan saya tidak menuliskan artikel ini untuk menghakimi para artis kita.

Artis dan juga puluhan juta manusia Indonesia, bisa-bisa saja mengalami stress. Jalan transendental dan spiritual, tak bisa dinafikkan, merupakan salah satu modal yang positif untuk memperkokoh ketahanan diri kita terhadap stress yang mendera. Permasalahannya adalah bukan pada spiritualitasnya, melainkan pada keinginan (sebagian) manusia untuk menempuh jalan pintas.

Banyak orang menyatakan diri mereka sebagai guru spiritual. Kemudian para pencari pengalaman spiritual menyemut di kaki mereka. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan