Mohon tunggu...
Nur Syahidah
Nur Syahidah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Have a nice day!

Life is going on, be happy.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Dosen UM Menyelenggarakan Pelatihan Guna Meningkatkan Inovasi Pembelajaran

24 Oktober 2021   06:30 Diperbarui: 24 Oktober 2021   07:29 125 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kabupaten Kediri - Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis dari Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang yang dibantu oleh mahasiswa dari Prodi Pendidikan Ekonomi melaksanakan kegiatan Program Pengabdian Masyarakat untuk guru-guru Ekonomi SMA Kabupaten Kediri. 

Tidak bisa dipungkiri bahwa di seluruh dunia saat ini sedang mengalami situasi pandemi Covid-19, termasuk di Indonesia. Pandemi Covid-19 banyak menyerang berbagai sektor, salah satunya dari sektor pendidikan. Pendidikan di masa pandemi menjadi perhatian dan sorotan publik, khususnya para orang tua. Mereka khawatir dengan nasib pendidikan anaknya selama musim pandemi yang tak kunjung selesai.  

Di tengah pandemi Covid-19 yang belum juga usai mengharuskan pembelajaran tetap dilakukan secara daring (Dalam Jaringan). Pembelajaran yang hanya monoton oleh guru dengan model ceramah menggunakan media WhatsApp membuat motivasi dan hasil belajar peserta didik menurun. 

Oleh karena itu guru diharapkan mampu memiliki skill mengajar yang kreatif dan inovatif, salah satunya menggunakan media pembelajaran video berbasis digital.

Dokpri
Dokpri

Melalui Program Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan oleh Magistyo P. Priambodo, SE., ME. , Dr. Farida Rahmawati, SE., ME. , Rizza Megasari, S.Pd., M.Pd. selaku Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang yang dibantu oleh 2 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Ekonomi dengan Judul "Pelatihan Peningkatan Inovasi Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Berbasis Online Pada Guru-Guru Ekonomi SMA Kabupaten Kediri" diharapkan mampu menjadi terobosan dalam memberikan pelatihan skill untuk guru menggunakan media pembelajaran online yang lebih menarik dan interaktif.

Kegiatan pelatihan ini bertempat di SMAN 1 Kandangan, diawali dengan sambutan dari Ibu Siti Kholipah, S.Pd, M.Pd selaku ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Ekonomi Kabupaten Kediri. Kemudian dilanjutkan oleh Bapak Magistyo P. Priambodo, SE., ME. Selaku ketua pelaksana kegiatan pelatihan ini. 

Agenda selanjutnya yaitu pemaparan materi, dan bimbingan serta pendampingan pembuatan media pembelajaran berbasis video melalui Sparkol VideoScribe secara langsung oleh Bapak Dr. Yerry Soepriyanto, S.T., M.T. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 43 guru mata pelajaran ekonomi yang berasal dari 16 Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di Kabupaten Kediri.


Kegiatan ini disambut dengan sangat antusias oleh guru-guru Ekonomi SMA Kabupaten Kediri dengan Bapak Ibu guru turut aktif dalam praktik langsung pembuatan media pembelajaran berbasis video melalui Sparkol VideoScribe. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan