Mohon tunggu...
NUR SYAFIKA A
NUR SYAFIKA A Mohon Tunggu... Lainnya - Pika

Blink✨

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Berinteraksi dalam Keberagaman Suku Budaya Indonesia

22 September 2020   22:45 Diperbarui: 22 September 2020   22:47 129
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Indonesia merupakan Negara kepulauan yang memiliki keberagaman suku budaya. Dalam satu daerahnya bukan hanya memiliki 1 suku saja tetapi juga bercampur dengan suku lain. 

Namun demikian, masyarakat Indonesia sebagai Negara yang menjunjung tinggi Bhineka Tunggal Ika, menjadi Negara yang dapat saling menghargai dan menghormati adanya sebuah perbedaan suku budaya tersebut.

Saya sangat senang berintraksi dengan orang orang. Perbedaan suku dan bangsa itu bukanlah masalah, yang terpenting bagi saya adalah kepribadian, sikap dan etika seseorang. Setiap orang wajib dihormati dan dihargai. Bukan hanya ketika seseorang memiliki Suku yang sama saja.

Ada baiknya dilingkungan sekolah kita menggunakan bahasa resmi yaitu bahasa Indonesia. Dalam berinteraksi dengan teman yang berbeda suku bangsa ada baiknya menggunakan bahasa persatuan, bahasa Indonesia. 

Selain mudah dimengerti, dengan bahasa Indonesia juga orang yang memiliki perbedaan suku tidak mudah tersinggung karena perbedaan gaya bicara yang digunakan.

Pelajaran mengenai Suku Bangsa Indonesia dengan berbagai ragam aktivitasnya, sangat penting karena dapat menambah wawasan dan mengenal lebih dalam mengenai budaya Indonesia Serta  mendorong kita dalam menghargai satu sama lain dengan orang yang berbeda suku budaya. 

Kemudian, dengan adanya pembelajaran Suku Bangsa Indonesia, maka orang-orang akan menyadari pentingnya melestarikan budaya indonesia. Lalu, Saya tertarik belajar bahasa inggris dengan menggunakan materi berbasis multibudaya Indonesia karena selain belajar berbahasa inggris, saya juga dapat mempelajari keberagaman budaya Indonesia

Saya menyadari bahwa saya hidup dalam kehidupan multibudaya Indonesia yang dimana Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak budaya. Hal ini tercermin dalam kehidupan saya di kelas. 

Dalam suatu kelas baik itu SD, SMP maupun SMA pasti didalamnya terdapat berbagai macam suku budaya. Inilah Indonesia. Negara indah yang dihiasi dengan keberagamannya.

sebagai contoh, sahabat saya dimasa sekolah yang berperan penting dalam kehidupan saya. Dimulai dari saya mulai masuk Sekolah Menengah Atas, yang dimana saya merupakan murid pindahan dari luar kota . 

Mereka merupakan orang-orang yang berkepribadian baik dan juga memiliki pemikiran yang terbuka. Mereka tidak memilih teman-teman yang hanya memiliki 1 suku dengan mereka, tetapi sebaliknya, kami berkumpul dengan berbagai macam suku yang berbeda.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun