Mohon tunggu...
Nursini Rais
Nursini Rais Mohon Tunggu... Lahir di Pesisir Selatan, Sumatera Barat, tahun 1954.

Nenek 4 cucu, senang dipanggil Nenek. Menulis di usia senja sambil menunggu ajal menjemput.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

4 Tips Aman Menggunakan Panci Presto, yang Terakhir Jangan Dianggap Sepele

7 Juni 2021   07:07 Diperbarui: 7 Juni 2021   07:22 183 39 12 Mohon Tunggu...
Lihat foto
4 Tips Aman Menggunakan Panci Presto, yang Terakhir Jangan Dianggap Sepele
Panci Presto. (Foto NURSINI RAIS)

Panci presto memberikan banyak kemudahan bagi ibu rumah tangga. Sudah masakan cepat matang, hemat energi dan waktu pula.

Bandingkan!  Jika merebus tulang sapi (masak sop) pakai periuk  biasa. Satu jam belum tentu empuk. Proses tersebut bisa tuntas setengah jam jika menggunakan panci presto.

Tetapi kalau kurang hati-hati dengan panci ajaib ini, akibatnya fatal. Bisa empuk sekujur tubuh.  Tak percaya? tanyakan pada kompasianer atau siapa saja  yang pernah mengalaminya.

Belum lama ini keluarga dekat saya terpaksa dirawat di rumah sakit. Dada dan perutnya melepuh terkena semburan air panas yang tumpah dari panci serba guna tersebut.

Tapi jangan Fobia. Asal mengikuti  aturan yang benar,  Insyaallah kita akan terhindar dari hal yang tidak diinginkan. He eh, nenek sok hebat.

Anda sudah biasa menggunakan presto? Kalau iya, pasti hafal bagaimana cara melakukannya dengan benar. Namun kalau belum dan berminat akan membeli, ada baiknya simak dulu tips aman berikut ini!

1. Pastikan Peresto dalam kondisi bersih 

Sebelum presto digunakan, hal pertama perlu diperhatikan adalah kebersihannya. Terutama bagian luar. Hal ini berlaku untuk  semua alat masak.

Kalau  panci dalam keadaan kotor, api kompor akan memerah dan meletup-letup. Kondisi ini memicu kerusakan pada kompor.

Terlebih jika yang lengket kotoran berminyak. Untung-untung  tidak menghambat aliran gas menuju pembakarannya. Sehingga kompor jauh dari kata meledak.

2. Tutup Panci dengan Baik dan Benar

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x