Mohon tunggu...
Nursini Rais
Nursini Rais Mohon Tunggu... Administrasi - Lahir di Pesisir Selatan, Sumatera Barat, tahun 1954.

Nenek 5 cucu, senang dipanggil Nenek. Menulis di usia senja sambil menunggu ajal menjemput.

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Tak Mudik Saat Lebaran? Emak Mengharap Kehadiranmu, Nak

15 Juni 2019   22:07 Diperbarui: 15 Juni 2019   22:32 111
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Berkumpul dengan anak cucu merupakan peristiwa paling dirindukan oleh orangtua yang  sudah  sepuh seperti saya. Memang, zaman sekarang bertatap muka  dengan orang tersayang  dapat dilaksanakan dari jarak jauh. Namun,  indahnya kebersamaan tatkala bertemu langsung, tak akan  terganti oleh alat komonikasi secanggih apapun. Terlebih kalau momen ini terwujud pada saat lebaran.

Saya dan suami merasa beruntung.  Semenjak anak-anak bekerja dan menikah, latas menjalani kehidupan di kota berbeda. Tapi, setiap Idul Fitri mereka pulang.

Untuk menciptakan suasana yang lebih spesial, kepulangan mereka selalu saya tunggu dengan menu favorit mereka semasa kecil. Sebelum keduanya ber-otw, saya tawarkan mereka minta dimasakkan  apa. 

Tak jarang jawabannya berbeda. Misalnya, anak cowok minta dibikin palai (pepes bakar) ikan seluang, si cewek suka gulai ikan danau berkuah santan.  Sedangkan si kecil minta dibikin sop.  Kedatangan mereka pun relatif tidak sama.

Bagi saya hal ini merupakan  kebanggan yang tiada tara. Selagi bahan-bahannya tersedia di lingkungan, usulan mereka pasti  terpenuhi.  Saya senang melakukannya.

Selama anak cucu berkumpul, kediaman kami menjadi ramai.  Dua anak, dua menantu, plus empat cucu berhimpun dalam satu pondok. Berantakan? Itu pasti. He he ... seperti kapal pecah.

Cowok ganteng saya bilang, "Rumah ini dibangun untuk dibuat amburadul. Yang  penting kalian pulang." Selama lebaran, kakek yang biasa dipanggil Uut itu tidak membolehkan di rumah terlalu banyak aturan. Agar cucu-cucu bebas bermain. "Syaratnya satu, jangan berantam!" tambah Uut.

Saya menikmatinya  dan tak mau merecoki dengan kegiatan apapun. Termasuk menulis di Kompasiana. Bahkan selama bersama  anak cucu, menyentuh gadged pun saya jarang.

Kondisi begini menambah rasa syukur saya dengan apa yang saya miliki saat ini. Punya anak-menantu  yang baik dan santun, serta empat cucu yang lincah dan pintar.

Anugrah tertinggi  yang wajib saya syukuri  adalah umur panjang, kesehatan yang prima, sehingga saya dapat menyambut kepulangan anak cucu dengan ceria. Dan menjamu selera mereka dengan masakan jadul andalan keluarga.  

Sayangnya keindahan ini hanya berlalu satu minggu. Setelah lebaran mereka pergi, rumah kembali sepi. Tinggal saya dan cowok ganteng berdua menghitung-hitung gigi copot dan  memindai rambut yang sudah memutih.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun