Mohon tunggu...
Nur Seta Bramadi
Nur Seta Bramadi Mohon Tunggu... Guru - Penulis, Guru Bahasa Inggris, Wiraswasta, Suka Musik / Film / Game PC / Filateli / Meditasi, dan Hidup Simple.

Lahir di Jakarta. Ijazah SD dan SMP dari Sekolah Indonesia Kairo (Mesir) karena pernah tinggal di sana tahun 1981-1986 ikut orangtua. SMA di Jakarta Timur. Pernah kuliah 4 semester di IKJ jurusan Desain Grafis tapi keluar karena bosan. Dapat Diploma Desain Grafis dari Interstudi School Of Design Jakarta. Pernah ikut pelatihan guru bahasa Inggris di LPIA (Jakarta) dan mengajar bahasa Inggris di LPIA dan LCC. Kini, membuka kursus bahasa Inggris dan English Club di rumahnya sambil menulis buku dan berwiraswasta. Ia telah menulis 4 buku: Filateli Sebagai Hobi dan Investasi (Balai Pustaka, 2001), Kursus Singkat Bahasa Inggris (BIP, 2011), Kursus Singkat Percakapan Bahasa Inggris (BIP, 2013), dan Kursus Singkat Bahasa Inggris Bisnis (BIP, 2016). Facebook: Nurseta Bramadi.

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Metallica dan Megadeth: Siapa yang Lebih Bagus?

22 Agustus 2021   08:18 Diperbarui: 22 Agustus 2021   08:23 176 6 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Metallica dan Megadeth: Siapa yang Lebih Bagus?
Musik. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Bagi Anda penggemar musik metal dan melewati masa muda atau remaja di tahun 1980-an, pasti tidak asing dengan band Metallica dan Megadeth

Kedua band yang berasal dari AS ini --bersama beberapa band metal seangkatan lainnya-- dianggap sebagai pelopor aliran thrash metal, yakni perkembangan dari aliran heavy metal dengan aransemen musik yang lebih keras dan cepat, serta dengan lirik lagu yang lebih tajam dan berisi. 

Bagaimana kita menilai bagus-tidaknya sebuah band metal? Apakah semakin keras atau bising itu berarti semakin baik? Apakah penampilan yang semakin seram itu berarti semakin baik? Apakah tingkah laku personilnya yang semakin brutal dan sensasional --khususnya di atas panggung-- berarti semakin baik? 

Lantas, dari kedua band di atas, siapa yang kiranya lebih bagus atau "lebih metal"? Well, sebelum menjawab semua pertanyaan ini, mungkin ada baiknya kita tinjau sekilas kedua band tersebut.

Metallica terbentuk di Los Angeles (AS) tahun 1981. Awalnya, band ini bernama The Young Of Metal Attack. Nama ini hanya bertahan beberapa bulan sebelum akhirnya Lars Ulrich, drummer dan pendiri band ini, menemukan nama Metallica yang konon tadinya akan menjadi sebuah nama majalah musik. 

Formasi awal Metallica: Lars Ulrich (drums), James Hetfield (vokal dan gitar), Lloyd Grant (gitar), dan Ron McGovney (bass). Formasi ini menghasilkan single: Hit The Light, yang kemudian masuk dalam kompilasi musik rock berjudul Metal Massacre (1981).

Tahun 1982, Grant (gitar) mengundurkan diri dan diganti oleh Dave Mustaine. McGovney (bass) juga resign dari band ini dan posisinya diganti oleh Cliff Burton. Formasi ini menghasilkan album demo: No Life Till Leather. Mereka mendapat agen dan pindah ke New York. 

Setahun kemudian, ada perselisihan antara Hetfield dan Mustaine, yang berakhir dengan keluarnya Mustaine dari Metallica. Posisinya lantas digantikan oleh Kirk Hammett. Formasi ini menghasilkan album Kill 'Em All (1983), yang kemudian dianggap sebagai album pertama mereka secara komersial.

Album-album mereka berikutnya adalah: Ride The Lightning (1984), Master Of Puppets (1986) yang masuk Billboard Top 40 selama 72 minggu dan dapat platinum, And Justice For All (1988) di mana Jason Newsted (bass) masuk menggantikan Cliff Burton yang meninggal akibat kecelakaan bus, Self Title: Metallica (1991) yang merupakan album terlaris mereka dan mendapat Grammy Award untuk band metal terbaik 1991-1992, Load (1996) dan Reload (1997) di mana warna musik mereka bergeser ke arah hard rock, St. Anger (2003) di mana posisi Jason Newsted diganti Robert Trujillo (bass) karena ada perselisihan internal, Death Magnetic (2008), dan Hardwired... To Self-Destruct (2016). 

Metallica pernah konser dua kali di Indonesia. Yang pertama, pada 10-11 April 1993 di Stadion Lebak Bulus (Jakarta) yang sayangnya berakhir rusuh dan memalukan. Yang kedua, pada 25 Agustus 2013 di Gelora Bung Karno (Jakarta) yang berakhir sukses dan ditonton oleh sekitar 60.000 "metalheads" (penggemar metal) di Jakarta dan sekitarnya. Saya tidak ikut nonton karena memang lebih asyik lewat DVD atau internet... lebih aman dan damai (hahaha). 

Berikutnya, band Megadeth. Setelah keluar dari Metallica, Dave Mustaine mendirikan band ini di Los Angeles (1983). Mustaine sangat serius dan tekun --bahkan mungkin juga habis-habisan-- dalam membesarkan band ini demi agar bisa menyaingi Metallica. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Musik Selengkapnya
Lihat Musik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan