Mohon tunggu...
Nur Samaliah
Nur Samaliah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi Mantai, suka sunset , tertarik dengan politik dan juga suka puisi, dan konten konten sehari hari

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Turut Jaga Situs Religi, Siswa MAS Al-Inabah Bersihkan Rumah Quran Keramat Berusia 700 Tahun

26 November 2022   23:10 Diperbarui: 26 November 2022   23:23 65
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam rangka menjaga situs Religi Qur'an keramat atau yang lebih dikenal Qur'an Wangi yang terletak di desa Mugo Rayeuk, Kecamatan Panton Reu Kabupaten Aceh Barat, Siswa MAS Al-Inabah Panton Reu menggelar aksi bersih-bersih di rumah Qur'an pada Sabtu, (26/11/2022).

Di dalam rumah Quran wangi ini, terdapat sebuah kitab suci Al-Qur,an yang konon dituliskan langsung oleh tangan Syech Maulana Malik Ibrahim, seorang ulama besar, dari keturunan penyiar Agama Islam asal Asia TenggaraTenggara, dan diyakini telah berusia 700 tahun

Salah seorang guru MAS Al-Inabah Muhammad Arsyad mengatakan, kegiatan ini mereka lakukan dalam rangka menjaga situs religi yang merupakan meninggalan ulama besar kita terdahulu.

"kegiatan ini kami lakukan dalam rangka menjaga dan melestarikan tempat situs sejarah wisata religi Qur,an wangi Panton Reu, yang tentunya banyak memiliki keistimewaannya," ucapnya.

Menurut Muhammad Arsyad, menjaga situs reliqi seperti Qur'an wangi tidak hanya tanggung jawab pemerintah atau satu pihak saja, tetapi tangung jawab kita semua supaya situs religi Qur'an Wangi ini tetap terjaga dan terawat dengan baik. 

Kegiatan positif seperti ini sengaja dilakukan sebagai bentuk dan upaya menumbuhkan rasa cinta dalam diri siswa/i MAS Al-Inabah pada Agama dan juga pada sejarah sejarah Islam yang memang wajib kita jaga  dan lestarikan bersama sama. Apalagi mengingat bahwa Qur'an Wangi merupakan peninggalan Ulama yang sudah berusia 700 tahun.


"Mari sama-sama kita menjaga hal hal yang sudah seharusnya kita jaga, alhamdulillah para siswa/i MAS Al-Inabah merasa bahagia bisa ikut menjaganya dengan cara bersih-bersih" Ujarnya.

Semoga hal hal kecil yang kita lakukan hari ini akan berpengaruh besar di kemudian hari. Semangat dan rasa cinta yang sudah mulai tumbuh semoga dapat mendorong para siswa/i agar kelak menjadi manusia yang bermanfaat dan cinta pada agama. Aamiin.

Sebagaimana kita ketahui, Sekolah MAS Al-Inabah merupakan sekolah yang terletak di komplek Dayah Islamiyah Al-Inabah Gampong Manggie, MAS Al-Inabah baru berdiri sejak tahun 2021 yang lalu, sekolah yang semakin terlihat perkembangannya ini kini sudah memiliki siswa 35 siswa, yang terdiri kelas X dan Kelas XI.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun