Mohon tunggu...
Nursamsudin
Nursamsudin Mohon Tunggu... Nursam

Praktisi Pendidikan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Motivasi Penulis Mengikuti Diklat "Pembuatan Quiz Online Berbasis Microsoft"

14 Desember 2019   04:07 Diperbarui: 14 Desember 2019   04:14 11 0 0 Mohon Tunggu...

Motivasi Mengikuti Diklat Pembuatan Quiz Online Berbasis Microsoft,- Peningkatan kompetensi guru baik peningkatan kompetensi pedagogis maupun kompetensi profesioanl sebagai usaha untuk meningkatkan kompetensi tenaga pendidik memiliki tujuan agar guru atau pendidik terus berkembang seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini. 

Peningkatan kompetensi guru guru atau pendidik selalu menjadi hal yang krusial dan sangat prioritas, karena upaya peningkatan kompetensi guru atau pendidik ini didasari atas adanya penilaian bahwasannya indikator utama keberhasilan sebuah sekolah adalah kompetensi seoarang guru atau pendidik dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara efektif dan efisien seusai dengan kurikulum yang berlaku serta mampu menyiapkan lulusan yang mampu memenuhi kebutuhan dunia usaha dunia industry (DU/DI), atau bahkan mampu untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya yang lebih tinggi sesuai dengan minat dan kompetensi lulusannya.

Menjadi seorang pendidik atau guru bukan hal yang mudah. Guru tidak hanya sekedar menyampaikan materi di depan kelas dan mentransfer ilmu sesuai bidangnya kepada peserta didik. Sehingga sebagai seorang pendidik atau guru membutuhkan banyak sekali ilmu ataupun pengalaman untuk mewujudkannya. 

Seorang pendidik atau Guru yang mampu membrikan efek perubahan kearah lebih baik kepada para peserta didiknya itulah dinamakan guru yang professional baik berupa kompetensi sosial, spiritual maupun profesional.

Baik berupa Pengalaman akademik yang diperoleh oleh seorang pendidik selama mengenyam bangku perkuliahan maupun ataupun melalui diklat-diklat fungsional yang terkait tugas pokok guru itu sendiri. Salah satu cara untuk meningkatkan kompetensi profesional seorang guru adalah melalui belajar. Belajar yang sering diikuti oleh guru-guru sering disebut penataran atau diklat. 

Diklat biasanya dilakukan di suatu tempat dan dibimbing oleh seorang narasumber. Akan tetapi zaman modern seperti ini ada juga diklat dengan memanfaatkan perkembangan IT yaitu melalui diklat online tanpa tatap muka antara peserta diklat dengan narasumbernya.

Pada diklat kali ini penulis merasa perlu mengikuti diklat untuk peningkatan kompetensi dalam menunjang profesinya, yaitu berupa "Diklat Pembuatan Quiz Online Berbasis Microsoft". Dengan adanya kegiatan ini, penulis mengharapkan beberapa hal nantinya setelah diklat ini selesai, diantaranya:

  • Penulis memperoleh wawasan dan ilmu yang nantinya dapat dipelajari dan diaplikasikan di sekolah dimana penulis mengabdikan dirinya.
  • Penulis dapat memanfaatkan teknologi (dalam hal ini pemanfaatan Microsoft) untuk menunjang dan mempermudah kegiatan evaluasi peserta didik yang selama ini dilakukan secara konvensional, baik pada saat ulangan harian, ulangan tengah semester maupun ulangan akhir semester.
  • Penulis dapat mengimbaskan materi pelatihan ini kepada rekan-rekan guru sekompetensi yang diperoleh selama pelatihan ini untuk meningkatkan kualitas penilaian atau evaluasi siswa disekolah.
  • Penulis bermaksud untuk melakukan pengembangan diri agar selalu terupgrade kompetensinya.

Demiakian ulasan penulis tentang motivasi penulis mengikuti diklat Pembuatan Quiz Online Berbasis Microsoft, semoga dapat memenuhi persyaratan yang di harapkan oleh pelaksana diklat ini, terus terang penulis merasa sangat perlu banyak belajar menulis seperti artikel ini, karena penulis merasa gugup sekali pada saat menulis artikel ini karena meras minder degan pilihan kata yang mungkin kurang enak dibaca oleh para pembaca, kritik dan saran yag membangun sangat penulis harapkan dari para pembaca, dan akhirnya penulis mengucapkan banyak terimakasih

VIDEO PILIHAN