Mohon tunggu...
Bung Salam
Bung Salam Mohon Tunggu... Penerjemah

Penerjemah Hukum bersertifikat nasional. Narablog dan editor. Pengelola Letraco Translation Group, KOPHI dan Rumah Literasi Kun Saidan. IG/Twitter/FB: @bungsalam077.

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

"The Girl on The Train" Rasa Bollywood, Yakin Yahud?

16 Januari 2021   23:53 Diperbarui: 17 Januari 2021   00:01 278 27 9 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"The Girl on The Train" Rasa Bollywood, Yakin Yahud?
Poster film "The Girl on The Train"/Foto: bollywoodmdb.com

Nonton Bollywood di 2021? Mengapa tidak?

Yang menjadi rekomendasi tontonan mainstream (arus utama) umumnya adalah film-film Hollywood produksi Amerika Serikat. Dan yang tren atau belakangan adalah K-Drama atau yang sering disebut Drakor (Drama Korea). Namun sejatinya film-film Bollywood produksi India tidak kalah kualitas dan daya tariknya.

Sebagai penikmat film eklektik (campur sari alias aneka genre film), saya menikmati pelbagai film lintas genre dari berbagai negara film seperti film Indonesia baik kekinian maupun era Tangkiwood (baca: film lawas era Tan Ceng Bok atau Fifi Young), Mandarin, Iran, K-Drama, film India atau Hindustan, film horor Thailand, Vietnam atau Jepang, dan Hollywood. Bahkan mungkin juga film-film Nollywood (produksi Nigeria) sekiranya sudah masuk ke Indonesia.

Film bagi saya bukan sekadar hiburan semata, namun juga sumber pelajaran, inspirasi dan refleksi diri. Sekaligus juga sumber inspirasi wisata, terutama sekali K-Drama atau drakor yang sarat pemandangan indah alamnya (Pulau Jeju, misalnya) atau kontur jalanan kota Seoul yang naik turun.

Khusus film Bollywood, beberapa film favorit saya antara lain My Name Is Khan dan Kuch Kuch Hota Hai yang dibintangi Shahrukh Khan, Three Idiots-nya Amir Khan, Major Saab produksi 1998 yang dibintangi oleh aktor senior Amitabh Bachan, dan Bajrangi Bhaijan (2015).

Untuk film yang terakhir itu, yang konon berdasarkan kisah nyata, akting Salman Khan yang mumpuni sebagai Pawan Kumar Chaturvendi (pemuda India baik hati) dan Harshaali Malhotra yang berperan apik sebagai Shaahida, gadis cilik bisu asal Pakistan, mampu menguras air mata mengiringi kisah persahabatan beda usia dan lintas agama antara kedua negara serumpun yang kerap berseteru tersebut. 

Pemandangan indah perbukitan Kashmir, yang dijuluki Alpen-nya Asia, menjadi nilai tambah film yang juga diproduseri Salman Khan tersebut.

Nah, di 2021, ada sederetan film Bollywood yang tampaknya tidak kalah ciamiknya. Di situs Bollywood MDB, tercatat total 17 film layar lebar siap dirilis sepanjang tahun ini. 

Di bulan Januari saja, ada Ramprasad Ki Tehrvi (tayang 1 Januari), 12 O'Clock (8 Januari), Bolo Hau (15 Januari), dan Madam Chief Minister yang rilis pada 22 Januari. Tautan: https://www.bollywoodmdb.com/movies/bollywood-hindi-movies-list-of-2021-1.

Namun, selama 2021, hanya ada satu film Bollywood yang bakal ditayangkan via Netflix, yakni The Girl on The Train yang dijadwalkan tayang pada 26 Februari 2021.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x