Mohon tunggu...
Bung Salam
Bung Salam Mohon Tunggu... Konsultan Partikelir

Pendiri Karkata Legal Translation Office (KARLETO) dan Komunitas Penerjemah Hukum Indonesia (KOPHI). Penerjemah bersertifikat nasional, penulis & editor buku, serta mantan jurnalis & penulis skenario. Peminat kajian sosial, bisnis dan pemikiran. Blog: www.nursalam.wordpress.com.

Selanjutnya

Tutup

Karir Artikel Utama

Temukan Pekerjaan yang ketika Kamu Melakukannya Terasa Enjoy

10 Februari 2020   19:52 Diperbarui: 14 Februari 2020   12:02 2212 7 1 Mohon Tunggu...
Temukan Pekerjaan yang ketika Kamu Melakukannya Terasa Enjoy
pexels

Mark Twain, sang penulis legendaris dari Amerika Serikat, pernah berpesan, "Find a job you enjoy doing and you will never have to work a day in your life." Temukan pekerjaan yang engkau nikmati melakukannya dan engkau takkan pernah harus bekerja sehari pun seumur hidupmu.

Demikian terjemahan pesan sang penulis serial novel Adventures of Tom Sawyer dan Adventures of Huckleberry Finn yang pernah menjadi buruh tambang dan kemudian beralih menjadi pengusaha dan investor tersebut. 

Tentu saja maksudnya adalah saking menikmatinya pekerjaan, maka kita tak akan pernah merasa bersusah payah bekerja, yang ada hanya perasaan senang atau bahagia seperti ketika kita bermain-main atau melakukan hobi yang disukai.

Passion (renjana) atau hasrat kuat atas apa pun pekerjaan yang dikerjakan, itulah inti pesan Mark Twain yang bernama asli Samuel Langhore Clemens (1835-1910) tersebut.

Hasrat kuat dalam bekerja akan mendorong melahirkan hasil atau karya terbaik dalam apa pun jenis pekerjaan kita. Inilah spirit yang takkan tergantikan oleh robot pekerja atau Artificial Intelligence (AI), kecerdasan buatan, yang disinyalir akan menggantikan sebagian eselon Aparatur Sipil Negara (ASN) di negeri ini.

"One machine can do the work of fifty ordinary men. No machine can do the work of one extraordinary man," demikian menurut Elbert Hubbard. Sebuah mesin dapat melakukan pekerjaan lima puluh orang biasa atau medioker. Tapi tidak ada mesin yang dapat mengerjakan pekerjaan seseorang yang luar biasa.

Alhasil, jadilah extraordinary (luar biasa) agar peran Anda takkan tergantikan. Jangan jadi kaum medioker atau semenjana, yang hasil kerja atau karyanya biasa-biasa saja atau rapuh semangat juangnya. Jangankan tergusur dari posisi saat ini, jabatan impian atau idaman apa pun akan berada dalam rengkuhan Anda jika dahsyatnya spirit berbasis passion sudah memproduksi manusia yang berkaliber luar biasa!

"Position yourself well-enough, and circumstances will do the rest," imbuh Mason Cooley. Posisikan dirimu dengan cukup baik, dan lingkungan akan mengerjakan selebihnya.

Tugas kita hanya bekerja sebaik-baiknya, memaksimalkan potensi sehebat-hebatnya dengan hasrat yang menggelora, maka, Insya Allah, berlakulah ungkapan populer yang belakangan banyak dikutip orang yakni "hasil tak pernah mengkhianati usaha".

Namun, bagaimana menumbuhkan passion atau renjana yang membara tersebut?

Abraham Maslow, dalam teori masyhurnya Hierarchy of Needs atau Hierarki Kebutuhan, punya jawabannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN