Mohon tunggu...
Nurrul Az Zahra
Nurrul Az Zahra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Seorang mahasiswi PGPAUD UPI Kampus Serang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Meningkatkan Minat Literasi Siswa melalui Pemberdayaan Perpustakaan

9 Agustus 2022   13:15 Diperbarui: 9 Agustus 2022   13:37 39 0 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Mahasiswa/i UPI Kampus Serang melaksanakan KKN Tematik dengan menjunjung tema Pemberdayaan Perpustakaan yang dilaksanakan di SDN Kelapa Dua Kota Serang. Pelaksanaannya dilakukan oleh setiap masing-masing individu.

Selama dua tahun, kegiatan pembelajaran di sekolah diliburkan yang disebabkan oleh pandemi covid-19. Siswa dan guru menjalankan proses belajar mengajar dari rumah (BDR). Hal ini berdampak pada tidak beroperasinta perpustakaan sekolah dan merosotnya minat literasi anak.

Dalam menghadapi hal tersebut, salah satu mahasiswi UPI Kampus Serang yakni Nurrul Az Zahra merancang program berupa pemberdayaan perpustakaan dengan tujuan untuk meningkatkan minat anak dalam membaca.

Pelaksanaan program ini dimulai dengan persiapan perpustakaan seperti menata & pendataan buku serta melakukan kegiatan kelas tambahan yaitu kelas baca. Kelas baca memiliki tujuan agar anak mampu mengikuti pembelajaran di sekolah dengan seksama.  

Sasaran kelas baca sendiri yakni bagi siswa/siswi yang masih memiliki hambatan dalam membaca dan dilaksanakan setiap hari pada jam pertama pembelajaran pukul 08.00 - 09.00 di Perpustakaan. 

Perpustakaan juga terbuka bagi setiap murid yang ingin membaca. Di akhir program, siswa yang gemar dan sering membaca mendapatkan reward dengan harapan mampu mendorong semangat siswa serta teman-temannya untuk lebih sering membaca buku dan berkunjung ke perpustakaan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan