Mohon tunggu...
Nurrahman Fadholi
Nurrahman Fadholi Mohon Tunggu... Mahasiswa, pengajar, penulis

Mahasiswa Sastra Inggris Universitas Terbuka Yogyakarta dan pengajar Bahasa Inggris

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Selamat Jalan Mak Lampir

17 Januari 2021   11:09 Diperbarui: 17 Januari 2021   11:42 93 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Selamat Jalan Mak Lampir
Hj. Farida Pasha bersama sang cucu, Ify Alyssa (sumber: tribunnews.com)

Innalillahi wa inna ilaihi roji'un. Baru saja tersebar berita duka dari seorang aktris senior, Farida Pasha. Menurut postingan cucunya yang bernama Ify Alyssa, pemeran Mak Lampir ini wafat pada hari Sabtu, 16 Januari kemarin pada pukul 19.35 WIB. Bagi anak-anak tahun 1990-an ataupun tahun 2000-an awal, beliau dikenal dengan nama Mak Lampir karena perannya sebagai Mak Lampir dalam sinetron kolosal Misteri Gunung Merapi yang ditayangkan di stasiun televisi Indosiar pada tahun 1998 sampai dengan tahun 2005.

Sebelum berperan sebagai Mak Lampir dalam sinetron Misteri Gunung Merapi, aktris kelahiran Tasikmalaya, 21 Agustus 1952 ini mengawali kariernya di dunia perfilman pada tahun 1977 dalam film Guna-Guna Istri Muda yang kemudian film ini meledak di bioskop Indonesia pada saat itu. 

Film itu kemudian dibuatkan sambungannya dengan judul Pembalasan Guna-Guna Istri Muda pada tahun 1978 dengan didukung oleh pemain film yang terkenal pada zaman itu seperti Roy Marten, Rina Hassim, dan Aedy Moward. 

Farida Pasha juga pernah berperan dalam sebuah film yang berjudul IQ Jongkok pada tahun 1981 bersama grup lawak Warkop DKI (Dono, Kasino, Indro),  M. Pandji Anom, Enny Haryono, Marissa Haque, dan Wolly Sutinah (Mak Wok).

Pada tahun 1989, Farida Pasha berperan dalam film Misteri dari Gunung Merapi episode Penghuni Rumah Tua sebagai Mak Lampir. Film ini diadaptasi dari sandiwara radio terkenal yaitu Misteri Dari Gunung Merapi karya Asmadi Sjafar dan disutradarai oleh L. Sudjio. 

Film ini kemudian diadaptasi oleh rumah produksi Genta Buana Pitaloka atau Genta Buana Paramita untuk dijadikan sebuah sinetron yang ditayangkan di Indosiar dengan judul Misteri Gunung Merapi. Sinetron inilah yang membuat nenek dari penyanyi Ify Alyssa ini dikenal dengan nama Mak Lampir oleh anak-anak tahun 1990-an dan 2000-an. 

Selamat jalan ibu Farida Pasha. Karyamu akan selalu dikenang oleh masyarakat Indonesia yang pernah menonton sinetron Misteri Gunung Merapi.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x