Mohon tunggu...
Nurrahman Fadholi
Nurrahman Fadholi Mohon Tunggu... Mahasiswa, pengajar, penulis

Mahasiswa Sastra Inggris Universitas Terbuka Yogyakarta dan pengajar Bahasa Inggris

Selanjutnya

Tutup

Media

Acara Indosiar Saat Ini Hampir 100% Diisi FTV tentang Konflik Rumah Tangga

11 Januari 2021   06:00 Diperbarui: 11 Januari 2021   06:23 178 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Acara Indosiar Saat Ini Hampir 100% Diisi FTV tentang Konflik Rumah Tangga
Logo Indosiar (sumber : Indosiar)

Pada hari ini tanggal 11 Januari 2021, Indosiar genap berusia 26 tahun. Indosiar adalah stasiun televisi swasta Indonesia yang keempat, yang mengudara sejak tanggal 11 Januari 1995. Pada awal-awal mengudara di kancah pertelevisian nasional, Indosiar banyak menekankan kebudayaan.

Salah satu program kebudayaan yang pernah ditayangkan di Indosiar adalah wayang kulit setiap malam Minggu. Selain itu, Indosiar juga menjadi stasiun televisi andalan anak-anak tahun 1990-an dan 2000-an dengan film-film animasi yang ditayangkan Indosiar pada hari Minggu pagi seperti Inuyasha, Crush Gear, Detective Conan, Pokemon, Dragon Ball, Ninja Hatori, dan masih banyak lagi.

Hal itulah yang membuat anak-anak pada tahun 1990-an atau 2000-an seperti saya selalu bangun pagi di hari Minggu hanya untuk menyaksikan film-film kartun kesayangan.

Selain film kartun, Indosiar juga menayangkan acara-acara menarik lainnya seperti Pesta dan Gebyar BCA. Beberapa sinetron pun juga pernah tayang di stasiun televisi yang saat ini dimiliki oleh Surya Citra Media (SCM) ini seperti Angling Dharma, Misteri Gunung Merapi, Si Doel Anak Sekolahan 5, Tutur Tinular, Mr. Hologram, Warkop DKI, dan masih banyak lagi.

Ajang pencarian bakat pun juga pernah ditayangkan di Indosiar sampai saat ini seperti Akademi Fantasi Indosiar (AFI), StarDut, dan D'Academy. Ajang pencarian bakat itu juga berhasil melahirkan penyanyi-penyanyi top di Indonesia yang seperti kita kenal sekarang ada Lesty (D' Academy), Alika (AFI Junior), Rizky dan Ridho (D'Academy), Fildan (D'Academy).

Alika, salah satu jebolan AFI Junior 2004 saat berfoto dengan saya di RRI Pro 2 Jogja tahun 2018 (dokpri)
Alika, salah satu jebolan AFI Junior 2004 saat berfoto dengan saya di RRI Pro 2 Jogja tahun 2018 (dokpri)
Namun akhir-akhir ini, Indosiar sudah tidak lagi menayangkan acara-acara yang variatif seperti tahun 1990-an dan 2000-an. Saat ini, Indosiar hanya menayangkan sinetron lepas atau FTV yang hanya menceritakan tentang perselingkuhan ataupun konflik rumah tangga. Bahkan di hari Minggu pun, anak-anak di era sekarang malah disuguhi sinetron-sinetron yang seperti itu, bukan film kartun seperti pada saat saya anak-anak dulu.

Sinetron Si Doel Anak Sekolahan 5 saja tidak pernah ditayangkan di Indosiar sehingga yang ditayangkan di RCTI pun hanya Si Doel Anak Sekolahan 1-4, dilanjutkan dengan Si Doel Anak Sekolahan 6. Padahal banyak penggemar sinetron Si Doel yang berharap bahwa Si Doel Anak Sekolahan 5 bisa tayang.

Selamat ulang tahun Indosiar. Semoga Indosiar tetap jaya dan bisa menayangkan program-program acara yang variatif seperti dulu.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x