Mohon tunggu...
Nurrahman Fadholi
Nurrahman Fadholi Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa, pengajar, penulis

Mahasiswa Sastra Inggris Universitas Terbuka Yogyakarta dan pengajar Bahasa Inggris

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

UAS THE Membuat Seluruh Mahasiswa UT Meradang Hari Ini

5 Desember 2020   19:38 Diperbarui: 6 Desember 2020   09:13 1063
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Hari ini, mahasiswa Universitas Terbuka (UT) di seluruh Indonesia melaksanakan UAS THE (Ujian Akhir Semester dengan sistem Take Home Exam). Ujian dengan sistem Take Home Exam baru dilaksanakan kali ini mengingat pandemi Covid-19 yang belum usai. 

Take Home Exam adalah sistem ujian yang dikerjakan di rumah masing-masing. Mahasiswa diminta untuk mengakses laman the.ut.ac.id untuk mengunduh soal dan BJU (Buku Jawaban Ujian). 

Setelah selesai dikerjakan, mahasiswa diminta untuk mengunggah hasil pekerjaan dalam bentuk PDF. Namun pada hari ini, hampir seluruh mahasiswa UT di berbagai daerah meradang. Hal ini dikarenakan sistem pada laman the.ut.ac.id mengalami gangguan teknis.

Situs web itu mengalami gangguan sejak sekitar pukul 02.30 WIB. Saat itu, ya benar-benar tidak tidur hanya karena mau mengunduh soal yang seringkali gagal. Hanya BJU yang dapat saya unduh. 

Saat itu, tertulis keterangan bahwa soalnya sudah diunduh. Jika soalnya sudah diunduh, seharusnya sudah ada di laptop saya dong. Saya lihat di WhatsApp saya, teman saya satu UPBJJ juga mengalami hal serupa. 

ia menuliskan bahwa dia tidak bisa mengunggah hasil jawabannya karena sistemnya down. Saya lihat di Fan Page Universitas Terbuka juga ada banyak keluhan yang sama.

Karena hal ini, saya lalu menelepon kantor UT Pusat melalui nomor 1500024 tetapi tidak ada hasil karena hari ini bukan hari kerja. Kejadian ini membuat saya dan mahasiswa yang lain dari berbagai daerah pun merasa kecewa. 

Bayangkan saja, saya sudah bangun sejak jam 1 malam hanya untuk mengunduh soal dan BJU untuk bisa dikerjakan pada pagi harinya, tetapi hasilnya tidak bisa. 

Apakah ini tidak mengecewakan? Belum lagi dengan waktu yang terbatas, entah itu waktu untuk mengerjakan, men-scan (jika pekerjaannya ditulis tangan), ngeprint soal dan BJU. Memang sih ujiannya enak karena bisa membuka buku karena tidak diawasi, tetapi dengan kejadian seperti ini apakah bisa dibilang enak?

Semoga saja untuk ujian selanjutnya tidak ada hal yang mengecewakan seperti ini. Sekian dan terima kasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun