Mohon tunggu...
Nurrahman Fadholi
Nurrahman Fadholi Mohon Tunggu... Mahasiswa dan pengajar muda

Mahasiswa Sastra Inggris Universitas Terbuka Yogyakarta dan pengajar Bahasa Inggris

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Chrisye, Lilin Kecil yang Tak Akan Tergantikan

16 September 2020   03:00 Diperbarui: 16 September 2020   03:10 36 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Chrisye, Lilin Kecil yang Tak Akan Tergantikan
Chrisye. (sumber: republika.co.id)

Hari ini tepat 71 tahun yang lalu, Christian Rahadi atau yang biasa kita kenal dengan nama Chrisye lahir. Dia lahir di Jakarta dari orang tua yang bernama Laurens Rahadi dan Hanna Rahadi.

Dia memiliki dua orang saudara laki-laki bernama Joris Rahadi (1946) dan Victor Rahadi (Vicky, 1952-1975). Chrisye mengawali karir bermusiknya bersama Guruh Gipsy pada tahun 1976.

Guruh Gipsy adalah bentuk kolaborasi dari band Gipsy, yang mana di dalam band itu Chrisye berposisi sebagai vokalis dan bassist, bersama Guruh Soekarnoputra, putra presiden pertama RI, Soekarno dan adik kandung presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri.

Kolaborasi itu direkam dalam sebuah album yang berjudul Guruh Gipsy pada tahun 1976. Guruh Gipsy memainkan musik Progressive Rock, yaitu musik rock barat dicampuradukan dengan gamelan Bali. Pada tahun 1977, Chrisye berkontribusi dalam album Lomba Cipta Lagu Remaja Prambors 1977 dengan menyanyikan lagu Lilin-Lilin Kecil ciptaan James F. Sundah.

Sejak saat itulah lagu Lilin-Lilin Kecil menjadi populer dan sangat melekat dengan Chrisye. Tahun 1978, Chrisye merilis album pertamanya yang berjudul Sabda Alam. Dalam album itu, Chrisye berkolaborasi dengan Guruh Soekarnoputra.

Album tersebut dinobatkan sebagai album terbaik sepanjang masa pada peringkat ke-51, dan pada tahun 2009 majalah itu menobatkan lagu Anak Jalanan, salah satu lagu yang ada di dalam album itu sebagai salah satu lagu Indonesia terbaik sepanjang masa pada peringkat ke-72. Pada tahun 1980, Chrisye muncul sebagai cameo dalam film Puspa Indah Taman Hati. Film tersebut dibintangi oleh Rano Karno dan Yessi Gusman.

Tahun 1982, Chrisye menikah dengan Damayanti Noor dan dikaruniai empat anak; Rizkia Nurannissa, Risty Nurraisa, Rayinda Prahastya dan Randa Pramasha (kembar). Pada tanggal 30 Maret 2007, Chrisye menghembuskan nafasnya yang terakhir karena kanker paru-paru. Chrisye wafat pada usia 57 tahun. Meskipun Chrisye telah tiada, tetapi karya-karyanya tetap akan dikenang. Terima kasih om Chrisye.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x