Mohon tunggu...
Nurohmat
Nurohmat Mohon Tunggu... Pembelajar

Pecinta Literasi dan Pendaki Hikmah.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Alhamdulillah Pemilihan Ketua MGMP Fisika Purna Sudah, Semoga Berkah

4 Maret 2021   16:34 Diperbarui: 4 Maret 2021   18:04 106 1 0 Mohon Tunggu...

Alhamdulillah Pemilihan Ketua MGMP Fisika Purna Sudah, Semoga Berkah.
Oleh : Nurohmat

Dalam tulisan ini saya ingin merekam kegiatan musyawarah pemilihan ketua MGMP Fisika Kab. Cirebon 2021-2026. Mengapa saya tertarik menulis hal ini?  Bagi saya ini pengalaman kesekian dalam merancang kegiatan pulah-pilih ketua. 

Memang sih, kegiatan yang dirancang umumnya kegiatan-kegiatan kecil mulai dari pemilihan ketua DKM, ketua paguyuban warga, dan lainnya. Namun, tidak kalah menariknya karena mekanisme pemilihan bisa saja berbeda di setiap kegiatan. Sepengetahuan saya, model pemilihan ketua MGMP Fisika Kab.Cirebon periode 2021-2026, dapat dijadikan sebagai alternatif model pemilihan ketua MGMP di tengah pandemik Covid-19.

Bermula saat saya mengusulkan via WA secara japri ke salah satu pengurus Harian MGMP Fisika, saya mengusulkan sebelum melakukan pemilihan ketua bentuk saja tim perumus atau panitia pemilihan yang memenuhi keterwakilan wilayah timur, tengah, dan barat Kab. Cirebon.

Panitia terdiri dari tiga orang, salah satu diantaranya adalah saya. Saat tim perumus dibentuk, hari H kegiatan kurang dari satu minggu. Kami bertiga sebagai tim perumus kegiatan Pilka (pemilihan ketua) MGMP Fisika langsung bekerja dengan memverifikasi data jumlah anggota MGMP Fisika dan menyusun seperangkat panduan musyawarah pemilihan ketua MGMP Fisika, yang didalamnya terdapat rancangan tata tertib dan rancangan kegiatan. Panduan musyawarah yang disusun juga tidak sekali jadi. 

Kami membahasnya bersama pengurus MGMP yang hendak demisioner untuk mengevaluasi rancangan tata tertib dan rundown acara. Semula rundown acara berlangsung selama empat hari. Namun, setelah dievaluasi dan melalui proses penyederhanaan sana-sini, acara dirancang cukup dua hari.

Tim perumus bersepakat kegiatan musyawarah pemilihan ketua dilakukan secara virtual. Untuk itu, kami berinisiatif untuk membuat meeting roomnya, linknya tidak lupa dicantumkan dalam rundown acara.

Dalam rundown acara, kegiatan musyawarah pemilihan ketua MGMP Fisika Kab. Cirebon terdiri dari dua tahapan, dua hari kegiatan, dan tiga kali rapat pleno.

Hari pertama kegiatan musyawarah diselenggarakan malam hari, pukul 20.00 s.d. 21.30, tepatnya Selasa malam Rabu, 2 Maret 2021. Kegiatan pada malam tersebut ada dua agenda, diantaranya  adalah : (1) pengesahan rancangan tata tertib menjadi tata tertib pemilihan ketua MGMP Fisika; (2) penjaringan bakal calon ketua MGMP Fisika.  

Saat memasuki kegiatan rapat pleno pengesahan  tata tertib, secara substantif tidak banyak yang berubah dari rancangan tata tertib yang disodorkan. Kalaupun ada, hanya sedikit perubahan redaksional sesuai kesepakatan peserta yang hadir. Kebetulan jumlah peserta yang hadir pada rapat pleno  yang pertama sejumlah 15 orang dari 63 anggota yang tercatat. Meskipun demikian, pengesahan tata tertib dapat berjalan dengan lancar.

Memasuki agenda kedua, pelaksanaan penjaringan bakal calon ketua dilakukan melalui polling menggunakan aplikasi directpoll dimana sesuai amanat tata tertib, seluruh anggota MGMP berhak mengajukan tiga nama bakal calon ketua MGMP Fisika. Polling berlangsung mulai pukul 22.00 WIB, 2 Maret 2021 hingga pukul 13.00 WIB, 3 Maret 2021.  Dari hasil polling, muncul tiga nama bakal calon teratas pilihan anggota, yaitu Agus Salim, saya sendiri, dan M.Hasyim.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN