Mohon tunggu...
Nurohmat
Nurohmat Mohon Tunggu... Pembelajar

Pecinta Literasi dan Pendaki Hikmah.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Koneksi Antar Materi Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

30 November 2020   08:55 Diperbarui: 30 November 2020   09:12 112 2 0 Mohon Tunggu...

Dikisahkan ada tiga orang tukang batu yang sedang bekerja membangun sebuah pondasi gedung sekolah. Tukang batu pertama ditanya oleh seseorang yang kebetulan melewati lokasi pengerjaan bangunan tersebut, "Apa yang sedang bapak kerjakan?" Tanya orang asing itu.  

"Saya sedang memasang dan menyemen  batu." Jawab tukang batu pertama.

Tukang batu kedua pun ditanya dengan pertanyaan yang sama. Namun jawabannya agak berbeda, "Saya sedang membangun pondasi gedung sekolah". 

Jawaban tukang batu ketiga berbeda lagi, Apa jawabannya? "Saya sedang membangun sebuah gedung sekolah  yang megah yang akan membuat semua orang yang belajar di sekolah ini merasa nyaman dan bangga".

Jawaban dari ketiga tukang batu itu menunjukkan visi dari apa yang sedang mereka lakukan. Pekerjaan mereka sama-sama tukang batu tapi visi mereka berbeda-beda. Tukang batu yang ketiga memiliki visi yang jauh melampaui tukang batu lainnya. 

Tentu bila visi tersebut benar-benar dimaknai akan menghasilkan daya motivasi yang berbeda.  Visi itu mirip cita-cita atau imaji  yang ingin diwujudkan. Ir.Soekarno, presiden RI yang pertama pernah mengungkapkan , "Gantunglah cita-citamu setinggi langit. Bila kau terjatuh, kau masih berada di antara bintang-bintang".

Seorang guru sudah semestinya memiliki visi yang jauh melampaui zamannya. Ia tidak sekedar mengajar untuk mengantarkan peserta didik ke jenjang pendidikan berikutnya. 

Lebih dari itu seorang guru adalah agen mata rantai transformasi pendidikan yang berkontribusi membentuk  mutu setiap generasi, dari generasi ke generasi. Visi bukan hanya berupa pernyataan lisan atau tertulis. Visi merupakan tujuan yang akan dicapai dan diperjuangkan. Bukan pemanis adminstratif atau gimmick semata-mata. 

Mas Menteri Nadiem Makarim dalam acara launching pendidikan guru penggerak menyadari bahwa untuk mereformasi pendidikan tidak semata-mata menunggu keputusan dari pemerintah pusat. Justru gerakan-gerakan reformasi pendidikan harus terus diupayakan dari sekolah-sekolah melalui inovasi guru-guru sehingga terwujud merdeka belajar yang berdampak terhadap prestasi peserta didik. 

Ketika berada di sekolah, peran guru penggerak sangat diharapkan dapat mengembangkan dan mengkomunikasikan visi sekolah yang berpusat pada peserta didik kepada guru-guru lainnya dan para pemangku kepentingan.  Dari komunikasi yang positif tersebut kemudian terjalin sinergi sehingga  visi sekolah secara kolektif diperjuangkan bersama-sama untuk diwujudkan.

Bermula dari memahami dasar-dasar filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara tentang peran pendidik terhadap kodrat zaman dan kodrat alam peserta didik, maka seorang guru akan menyadari bahwa peserta didik memiliki keunikan dan keunggulan masing-masing sesuai kodrat alamnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x