Mohon tunggu...
Nurmawati
Nurmawati Mohon Tunggu... Dosen - Dosen / Institut Teknologi Kalimantan

Penulis baru, suka menulis dan berbagi informasi.

Selanjutnya

Tutup

Beauty Pilihan

Pembersih Wajah: Tak Perlu Mahal, 3 Cara Ampuh Basmi Jerawat dan Komedo di Wajah

23 September 2022   05:00 Diperbarui: 23 September 2022   05:04 90 13 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Image source : bellamillenia.blogspot.com

Hampir setiap orang yang berada atau sudah melewati usia baligh (laki-laki maupun perempuan) akan dihadapkan dengan masalah jerawat dan komedo. Penyebabnya bisa berbeda-beda, namun yang paling sering ditemukan karena faktor hormon, makanan, gaya hidup, dan perawatan wajah.

Tentunya permasalahan klasik ini sering meresahkan warganet, namun tak perlu khawatir karena tanpa perawatan mahal pun tetap bisa diatasi. Berikut 3 cara sederhana yang bisa diterapkan untuk mencegah permasalahan klasik (jerawat dan komedo) di wajah, yaitu:

1. Menjaga kebersihan, khususnya yang berinteraksi langsung dengan kulit wajah:

Rutin bersihkan handuk wajah

Rutin keramas untuk menghindari potensi minyak dan kotoran yang bersumber dari kepala

Rutin cuci tangan dan potong kuku untuk menghindari kotoran dari tangan yang sering berinteraksi langsung dengan kulit wajah

Rutin bersihkan/mencuci sarung bantal dan seprei untuk menghindari kotoran yang menempel di wajah saat tidur

2. Perawatan Wajah :

Rutin bersihkan wajah dengan produk pembersih yang cocok (normalnya 2x, saat pagi dan sebelum tidur). Penyebab munculnya jerawat bisa karena kotoran, debu, sel kulit mati, dan minyak yang menumpuk di kulit selanjutnya akan menyumbat pori-pori sehingga perlu dibersihkan.

Gunakan handuk bersih (khusus handuk wajah yang bermaterial lembut) untuk mengeringkan wajah (lap dengan lembut ala pemakaian serum/pelembab). Mengapa perlu dikeringkan? Karena jika air di kulit wajah dibiarkan mengering dengan sendirinya malah akan membuat kulit semakin kering. Efeknya produk skincare yang digunakan nantinya tidak akan berfungsi maksimal. Perlu diperhatikan bahwa skincare akan menyerap maksimal pada kulit yang lembab makanya penting menjaga kelembaban kulit wajah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan