Mohon tunggu...
Nurmawati
Nurmawati Mohon Tunggu... Dosen - Dosen / Institut Teknologi Kalimantan

Penulis baru, suka menulis dan berbagi informasi.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Sudut Lain Kota Tidore

20 September 2022   05:00 Diperbarui: 20 September 2022   05:42 131 16 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Benteng Torre @Tidore 2018

Hari ini saya mulai memahami sedikit tentang sisi lain kota Tidore. Siang tadi seperti biasa saya pulang dari kampus. Karena bosan saya putuskan buat jalan-jalan dulu sebelum balik ke rumah sekalian beli sesuatu. Jalan sendiri gak tahu arah ternyata gak asyik. Ya sudah balik arah jadinya. Saya putuskan buat mampir ke toko langganan andalan (padahal baru 3x belanja di sana, udah main klaim aja. Hehee).

Alhamdulillah... hari ini saya beruntung, tokonya masih buka (buka setengah pintu). Kebanyakan saya lewat, tokonya sudah tutup. Jam ditangan menunjukkan 12. 15 WIT. Ada hal yang membuat saya bertanya-tanya kenapa toko ini suka tutup siang-siang yah? Oke,  lupakan!

Saya pun masuk dengan santainya milih-milih. Gak lama, saya dengar pemilik toko ngomong ke karyawannya. "Di sana ada yang belanja tolong dibantuin cepat" (ternyata maksudnya itu biar bisa tutup toko cepat-cepat dan saya gak menyadari itu, OMG! Maafkan!).

Karyawan pun dengan cepat bantuin saya tapi emang saya gak peka, masih juga muter-muter nyari sesuatu. Dan akhirnya dengan sangat terpaksa karyawan ini ngomong "maaf mba kami sudah mau tutup". Memang saya pembeli terakhir sih!

Dengan berat hati saya pun mengakhiri ritual belanja dan cepat-cepat ke kasir buat bayar. Setelah itu langsung keluar. Karena saya bawa ransel gede jadinya susah juga melewati pintu yang tinggal buka seperempat doang dan kembali karyawan tadi bantuin saya. 

Oke saya pun langsung menuju motor yang di parkir di depan toko. Sekilas saya perhatikan karyawan tadi dan pemilik toko. Kebetulan toko ini berdekatan dengan mesjid dan ternyata mereka tutup toko karena mau shalat berjamaah di mesjid. Ya ampun, saya merasa tertampar dan sangat malu. Harusnya jam begini waktunya shalat, saya malah keluyuran di luar. Maafkan hamba!

Akhirnya saya pun mengerti kenapa banyak toko yang tutup jam-jam begini. Kembali mengingat hari-hari sebelumnya ada beberapa toko yang saya singgahi setiap pulang ngampus kira-kira di jam yang sama dan selalu tutup.

Btw, waktu dhuhur di sini jam 12.30 WIT. Setiap jam shalat terutama dhuhur dan magrib banyak toko yang tutup.

#Salam hangat Kota Tidore (Kota Islam), kenangan yang menarik dan berharga dari Kota Tidore (11/10/2018)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan