Mohon tunggu...
Nurma Irham
Nurma Irham Mohon Tunggu... Wiraswasta - nurmairham1@gmail.com

Mencari Cobek batu

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Cara Mengatasi Cetakan Kue Semprong Anti Lengket

27 Juli 2021   11:30 Diperbarui: 27 Juli 2021   12:43 127 12 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Mengatasi Cetakan Kue Semprong Anti Lengket
Lima buah cetakan Kue Semprong/dokpri

Kalau diperhatikan dengan baik cetakan kue semprong memiliki permukaan yang bermotif unik dan cantik. Tetapi bagaimana kalau hasil kue semprongnya motifnya tidak cantik dan unik seperti cetakannya. Pasti ada yang salah dalam hal pemakaian cetakan kue semprongnya.

Dari banyak hal yang berkaitan dengan peralatan untuk membuat kue tradisional, salah satunya yakni cetakan kue semprong yang terbuat dari alumunium yang diawal pemakaiannya, adonannya lengket dicetakan sehingga kuenya tidak bisa dikeluarkan dari cetakan, kalaupun dipaksakan hasil kuenya sobek serta hancur, dan membuat motif kuenya tidak cantik dan unik.

Lengket diawal pemakaian adalah hal yang sangat wajar, adapun cara untuk mengatasinya sbb: 

Apabila cetakan kue semprong  yang masih baru bisa dicuci dengan air sabun dan dibilas sampai bersih, lalu langsung keringkan. Setelah kering, panaskan cetakan diatas api beri sedikit minyak dioles dipermukaannya hingga rata., setelah cukup panas, cetakannya disiram dengan air. Lakukan hal ini dengan berulang ulang sampai permukaan cetakan kue semprong terlihat mengkilat.

ika cetakan kue semprong selesai dipergunakan, cetakan bisa dicuci dengan sabun dibilas sampai bersih dan keringkan. Cetakan sebelum disimpan, hendaknya diolesi minyak sampai merata. Lalu simpan ditempat yang bersih dan kering lalu dibungkus plastik agar cetakan tidak terkena debu.

Begitulah cara yang biasa ku gunakan apabila baru memiliki cetakan kue. Semoga cara ini berhasil sehingga hasil kue semprongnya cantik.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x